Tetap Waspada Walau Kasus Kebakaran di Samarinda Menurun

KBRN, Samarinda : Kebakaran masih menjadi salah satu bencana yang tak terduga yang bisa kapan saja terjadi.

Meskipun dari penuturan PLT Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Samarinda, Makmur Santoso, kebakaran di samarinda di 2021 ini tergolong menurun.

Namun dia menegaskan masyarakat harus tetap waspada, mengingat bangunan rumah di samarinda masih banyak yang terbuat dari kayu dan berdempet.

Berbicara kepada RRI Makmur Santoso mengatakan, untuk di tahun ini penyebab kebakaran kebanyakan dari human error atau kelalaian manusia. berdasarkan pantauan disdamkar samarinda tahun ini sudah sebanyak 95 kebakaran yang terjadi.

"Baik kalau kebakaran dikota samarinda kalo kita lihat di tahun ini itu angkanya menurun dibanding tahun lalu sekarang ini jumlah kebakaran hanya 95 kasus" kata Makmur Santoso.

Lebih lanjut Makmur menuturkan, banyak hal yang menjadi faktor atau penyebab kebakaran selama ini selain human error, ia mengungkapkan bahwa kebakaran juga sering terjadi akibat hubungan arus pendek listrik.

Apalagi di samarinda banyak bangunan tua yang tidak memperhatikan perawatan kabel listriknya.

Selain dua hal tersebut, Makmur juga menyebut penggunaan air conditioner (ac) di rumah-rumah perlu diwaspadai. karena bisa memicu kebakaran. Untuk itu kedepan pihaknya menghimbau masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap potensi kebakaran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00