Apa yang di Lakukan KPU Setelah Pemilu Selesai ?

KBRN, Sendawar: Setelah Pelaksanaan Pemilu, apa yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pihak penyelenggara?, pertanyaan ini terkadang muncul dari sebagian masyarakat Indonesia, tidak terkecuali masyarakat di Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Komisioner KPU Kutai Barat, Johanes Nuel kepada RRI Sendawar, Kamis (25/2/2020) mengatakan, sebagai Lembaga Negara, KPU tetap harus bergerak meskipun kegiatan pemilu seperti Pilkada Serentak 2020, yang baru saja selesai di helat.

Menurutnya, sejumlah kegiatan telah diagendakan KPU Kutai Barat kedepan, diantaranya melaksanakan sosialisasi pendidikan pemilih dan pemutakhiran data pemilih secara berkesinambungan.

“Secara kelembagaan KPU terus melaksanakan semua kegiatan, termasuk kita akan melaksanakan pendidikan pemilih kepada masyarakat dalam waktu dekat. Lalu per-tiga bulan KPU melaksanakan pemutahiran data pemilih berkelanjutan. Kemarin, kita sudah melakukan rapat evaluasi bersama Disdukcapil Kubar dan itu menjadi tindak lanjut kegiatan kita,”katanya

Ditambahkan Nuel, kegiatan lain yang juga akan dipersiapkan KPU yakni, berkaitan dengan penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Kutai Barat kedepannya.

“Ini yang memang KPU perlu menyiapkan segala sesuatinya, secara khusus kita di Kutai Barat. Sehingga nanti, ketika regulasinya digulirkan apakah di tahun 2022 atau 2023 atau setelah 2024, kita sudah sangat siap sekali dengan persiapan yang sudah kita lakukan dari sekarang,”tambah Nuel

Mengingat Pemilu adalah sebuah siklus, terang Nuel, maka KPU sebagai penyelenggara akan terus-menerus melaksanakan kegiatan kepemiluan, baik ada maupun tidak ada kegiatan pemilu.

Untuk diketahu, yang bisa dilakukan KPU Kabupaten pasca kegiatan pemilu yakni, Penelitian tentang pastisipasi pemilih, salah satunya untuk mengetahui alasan tentang ketidak hadiran pemilih di TPS.

Kemudian, peningkatan kehumasan seperti menjalin kerjasama dengan media, baik cetak maupun elektronik. Serta, melakukan kegiatan pendidikan politik bagi pemilih, menyasar kelompok pemilih pemula dan pelajar untuk mengenalkan kegiatan pemilu sejak dini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00