Evaluasi Selesai, Jadwal dan Tahapan Pilkada 2020 Tuntas

KBRN, Sendawar: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) telah menyelesaikan seluruh rangkaian jadwal dan tahapan penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020.

Komisioner KPU Kutai Barat, Johanes Nuel kepada RRI Sendawar, Kamis (25/2/2020) mengatakan, kegitan terakhir yakni, pihaknya telah melakukan evaluasi jadwal dan tahapan, serta menyampaikan laporan terkait evaluasi tersebut, baik kepada Pemerintah KPU, Bawaslu maupun Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Dapat kami pastikan bahwa, per-hari ini tanggal 25 februari 2021. KPU Kutai Barat, secara kelembagaan telah menyelesaikan seluruh rangkaian jadwal dan tahapan Pilkada 2020. Kemudian Evaluasi jadwal dan tahapan sudah kita lakukan, dan hasil evaluasi itu sendiri, sudah terlaporkan ke-Pemprov, Bawaslu dan KPU Provinsi Kalimantan Timur, hari ini. Jadi secara jadwal dan tahapan, kegiatan kita sudah selesai,”katanya

Johanes Nuel menegaskan, berdasarkan hasil evaluasi tersebut, secara keseluruhan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Kabupaten Kutai Barat berjalan sesuai jadwal dan tahapan yang sudah ditetapkan.

“Evaluasi inikan kita lakukan untuk mengetahui, apakah kita sudah melaksanakan pemilu sesuai asas atau tidak, tepat waktu atau tidak. Nah, setelah kita laksanakan evaluasi itu, secara keseluruhan tidak ada persoalan. Itu dibuktikan dengan tidak ada rekomendasi yang sifatnya signifikan dari Bawaslu selaku mitra pengawas kita,”tegasnya

“Begitu juga dengan penyelenggaraan pemilu, untuk di Kubar tidak ada PHP yang diajukan ke MK. Artinya, kita bekerja sesuai jadwal dan tahapan serta asas yang dibebankan kepada kita,”lanjut Nuel.

Menurutnya, sukses penyelenggaran Pilkada serentak tahun 2020, tidak terlepas dari peran aktif penyelenggara, mulai dari tingkat KPPS sebanyak 2.703 orang, kemudian PPK sebanyak 80 orang dan PPS sebanyak 580 orang, tersebar pada 190 Kampung dan 4 Kelurahan di 16 Kecamatan se-Kabupaten Kutai Barat.

Dengan selesainya tahapan dan jadwal penyelenggaran Pilkada serentak tahun 2020. Johanes Nuel berharap, masyarakat meninggalkan perbedaan politik, kembali bersatu dengan peran serta masing-masing, serta mengawal dan mendukkung Kapala dan Wakil Kepala Daerah terpilih, demi menyongsong Kutai Barat yang lebih baik ke-depannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00