Lanal Sabang Gelar Bakti Sosial Kesehatan dan Bersih Pantai di KBN Balohan

Pemeriksaan Kesehatan dan Bersih Pantai Hari Armada th 2022 (30/11/2022)/foto: Pen Lanal Sabang

KBRN, Sabang,- Dalam rangka menyambut peringatan HUT Hari Armada RI Tahun 2022, Pangkalan TNI AL Sabang menggelar kegiatan Bakti Sosial Kesehatan dan Bersih Pantai di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Balohan, Jurong Ulee Krueng, Gampong Balohan, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Rabu (30/11/2022).

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr (Han)., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan Bakti Sosial Kesehatan dan Bersih Pantai ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian HUT Armada RI Tahun 2022 yang didalamnya merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian dari TNI AL kepada Negara dan Bangsa.

"Pemilihan tempat pelaksanaan bakti sosial ini karena Desa Balohan akan dijadikan sebagai Kampung Bahari Nusantara. Dimana kedepannya Lanal Sabang akan membuat program-program desa binaan, yang memberikan manfaat nyata terhadap warga, Seprti pembangunan Rumah Pintar yang didalamnya terdapat perpustakaan dan komputer yang dilengkapi fasilitas WiFi yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi bagi warga balohan dan sekitarnya, rehab lapangan voli, pengadaan bak sampah, dan pembuatan MCK" ujar Danlanal.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Faisal, S.T., M.TP., sangat mengapresiasi atas terelenggaranya kegiatan itu. Dia menilai hal ini merupakan wujud kedekatan TNI AL dan masyarakat. "penghargaan yang tulus kami sampaikan kepada Pangkalan TNI AL Sabang.ini wujud peningkatan kedekatan batin juga silaturahmi TNI AL dengan masyarakat. selain itu bentuk kepedulian atas kondisi kesehatan dan kebersihan di lingkungan masyarakat. hal ini juga akan menimbulkan kepedulian kepada masyarakat kurang mampu, Sehingga akan timbul kesadaran untuk lebih meningkatkan  kepedulian" ujarnya.


Diharapkan kegiatan positif dan bermanfaat semacam ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya, bukan hanya  oleh TNI AL saja. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan berupa sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Balohan dan peninjauan kegiatan bakti sosial kesehatan, serta ditutup dengan ramah tamah makan bersama dengan masyarakat Balohan makanan khas Aceh yakni Kuah Beulangong.

Kegiatan ini selaras dengan program prioritas dan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yakni "Cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat, serta dimanapun TNI AL berada harus memberi manfaat kepada rakyat".  (Pen Lanal Sabang)