Cobain Bubur Ase Khas Betawi Yuk

Bubue SAE Khas Betawi.jpg

KBRN, Jakarta: Bubur merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia banyak dijumpai diberbagai tempat, apalagi di pinggir jalan. 

Biasanya bubur yang kita santap identik dengan kuah kuning dengan toping ayam, kacang, dan kerupuk.

Tetapi kali ini berbeda, bubur khas Betawi memiliki topping yang berbeda yakni dengan kuah semur dan asinan (ase).

Rasa bubur ase adalah gabungan rasa gurih, pedas, asin, dan banyak rasa yang menyatu sehingga bubur ini enak disantap.

Bubur ini dapat dibilang buburnya orang Betawi, karena Bubur ase tidak dicampur irisan ayam, dan semacamnya.

Warna buburnya pun lebih gelap daripada bubur pada umumnya, sebab ada campuran semur daging khas Betawi dan juga ada kentang sebagai pelengkap.

Selain semur, biasanya juga ada campuran ikan teri asin sehingga rasanya lebih gurih. Rasa semur akan berpadu dengan rasa asin dari ikan terinya. Namun tidak lupa juga terdapat campuran asinan sayur khas Betawi di dalamnya, yang terdiri drai wortel, sawi dan timun.

Nama bubur ase juga memiliki makna tersendiri, loh! Ase berarti dingin, sebab bubur ini dihidangkan dingin. Semua yang menjadi lauk pendamping bubur ase juga dihidangkan dingin.

Sayangnya, bubur ase bukanlah makanan yang mudah untuk dijumpai, karena kini, bubur ase sudah langka dan tidak banyak penjualnya. Jika ada hanya ada satu yang terkenal di Jakarta yakni di wilayah Kebon Kacang, Tanah Abang,Jakarta Pusat.

Di sana terdapat warung bubur ase  bang lopi yang terkenal lezatnya. Dengan harga Rp15 ribu anda dapat mencicipi menu khas Betawi yang lezat tersebut yah ... selamat mencoba.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00