Menu Idul Adha: Resep Sate Daging Manis 

Sate daging manis (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Sebentar lagi kita akan sampai pada puncak ibadah haji, atau bisa dibilang seluruh umat islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli 2020 mendatang. 

Momen hari kemenangan ini biasanya diperingati dengan shalat Ied dan penyembelihan hewan kurban berupa kambing, domba, sapi, atau unta.

Namun apakah anda sudah mengetahui ingin memasak apa di hari kemenangan tersebut? 

Daripada bingung atau hanya masak itu-itu saja, yuk variasikan masakan anda dengan menu daging yang menjadi favorit dan tidak akan ketinggalan di menu kuliner Idul Adha yakni Sate. 

Siapa yang tidak tahu sate? Makanan ini sering sekali kita jumpai di sepanjang jalan. Sate merupakan cara mengolah daging yang sederhana tapi sungguh nikmat. Saus sate yang paling umum digunakan adalah bumbu kacang dan kecap manis. 

Makanan ini pasti mudah banget, kan untuk dimasak di rumah? Perlu diingat, pastikan anda membakar sate hingga matang. Sate daging kambing atau sapi yang kurang matang beresiko membawa penyakit Toxoplasmosis.

Bagaimana cara memasaknya? Berikut bahan-bahan dan cara membuat sate daging sapi manis yang empuk, enak gurih dan sederhana.

Bahan Utama:

- 250 gram daging sapi has luar 

- 2 sendok makan minyak goreng 

- 2 lembar daun pepaya, remas-remas 

- 3 sendok makan kecap manis 

- 10 buah tusuk sate

Bumbu Sate:

- 5 butir bawang merah 

- 3 siung bawang putih 

- 3/4 sendok teh ketumbar 

- 1/2 sendok teh jintan 

- 1 sendok teh garam

Cara mengolah daging sebelum dimasak dan dibumbui:

1. Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging sapi yang sudah anda siapkan dengan bentuk potongan sate yang khas yakni bentuk dadu. Untuk ukuran potongan, sebaiknya jangan memotong daging dengan ukuran terlalu besar, sebab hal ini akan membuat daging yang dimasak atau dibakar menjadi sulit matang secara merata. 

2. Setelah selesai dipotong-potong, sekarang tempatkan daging pada wadah dan sisihkan sementara. Kita tidak akan mencuci daging dengan menggunakan air, hal ini difungsikan agar daging yang dibakar nanti menjadi lebih empuk dan tidak ada kandungan air pada daging yang membuat rasa gurihnya pudar. 

3. Bungkus daging sapi dengan menggunakan daun pepaya yang sudah diremas-remas, selama kurang lebih 30 menit agar ketika dibakar daging menjadi lebih empuk dan lezat. 

4. Sisihkan daging dalam wadah dan biarkan, sementara itu kita akan buat bumbunya.

Cara membuat bumbu sate:

1. Silahkan haluskan bumbu yang harus dihaluskan, baik menggunakan ulekan ataupun menggunakan mesin penghalus agar lebih mudah. 

2. Setelah selesai menghaluskan semua bumbu, sekarang campurkan kecap manis dan minyak goreng kedalam bumbu yang dihalsukan. Dan aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. 

3. Setelah daging didiamkan selalam kurang lebih 30 mneit, sekarang ambil daging dan lumuri daging dengan bumbu ini, pastikan jika semua bagian daging terlumuri dengan baik. 

4. Sebelum dibakar, diamkan terlebih dahulu daging agar bumbunya meresap kedalam hingga keseluruhan selama kurang lebih 1 jam. 

5. Ambil tusukan sate, dan tusuk-tusuk sate dengan menggunakan tusukan sate. Kemudian bakar diatas api higga matang secara merata.

Saat dibakar, anda bisa memberikan olesan mentega dan kecap manis untuk membuat rasa sate menjadi lebih lezat dan lebih mantap. Jangan lupa pula membolak-balik sate yang dibakar agar matangnya merata. 

Setelah matang, hidangkan sate bakar ini diatas piring saji dan sajikan bersama dengan acar timun yang sudah disiapkan. Disantap dengan nasi hangat akan terasa lebih mantap dan lebih lezat. Demikian resep membuat sajian sate daging sapi manis. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00