Kuliner Ramadhan: Bubur Pedas Medan Masuk Angin Hilang

Bubur Pedas Kuliner Ramadhan

KBRN, Medan : Setiap daerah memiliki kuliner khas Ramadhan, Di Medan, salah satu makanan khas yang selalu diburu warga untuk menu takjil buka puasa adalah bubur pedas. Salah satu lapak yang menyediakan bubur pedas ini adalah  Rosmalina. Baru saja selepas Asar lapak bubur pedas di jalan Setiabudi Medan ini  dibuka  seketika itu juga warga sudah antre demi mendapatkannya.

“Bubur pedas ini merupakan makanan khas Melayu terbuat dari adonan beras ditambah dengan 40 jenis rempah, umbi umbian dan daun daunan antara lain daun kunyit dan  si kentut,” kata Rosmalina, Minggu (10/5/2020).

Menurut Rosmalina proses membuat bubur pedas memakan waktu cukup lama. Cita rasa bubur ini akan lebih lezat bila ditambah dengan anyang atau kelapa yang digongseng.

“Bubur pedas khas melayu Deli ini   hanya dibuat saat Ramadhan tiba,” katanya

Salah satu penikmat bubur pedas  Annisa mengaku sangat menggemari bubur pedas, yang selalu Ia cari saat Ramadhan tiba. Menurutnya tak seperti namanya, bubur pedas rasanya memang tidak pedas, namun citarasanya sangat lezat dengan rempah rempah yang cukup menyehatkan badan usai dimakan.

“Rasanya tidak pedas, tapi rempah rempah yang ada membuat badan sehat setelah dimakan,” ungkapnya.

Bubur pedas Rosmalina hanya disediakan sampai dengan hari ke 25 Ramadhan, menurut Rosmalina untuk persiapan jelang lebaran. “Hanya sampai hari ke 25, untuk persiapan Idul Fitri,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00