Resep Es Buah Jadul Unik yang Menyegarkan

Es Jadul Rumahan.jpeg

KBRN, Jakarta: Setelah seharian berpuasa menahan lapar dan haus, saatnya membuat minuman segar untuk berbuka puasa hari ini. Ada banyak minuman segar dan lezat yang bisa anda buat di rumah.

Kesegaran dari sebuah minuman akan membuat siapa saja ketagihan dan cocok disajikan untuk keluarga. Salah satu minuman yang menjadi favorit yakni es buah jadul, yakni es yang sudah diketahui banyak orang bahkan bahan-bahannya pun mudah di dapat.

Berikut bahan-bahan dan cara membuat es jadul ala rumahan sekaligus juga menghilangkan kebosanan anda selama dirumah, diantaranya: 

Bahan:⁣

1 liter air⁣200 gr gula pasir (sesuai selera)⁣200 gr bengkuang, potong dadu⁣300 gr pepaya, potong sesuai selera1 buah nanas madu, potong sesuai selera⁣1 batang kayu manis ukuran sekelingking⁣3 butir cengkeh⁣2 buah jeruk nipis, ambil airnya⁣1 lembar daun pandan, optional, bisa skip⁣

Cara Membuat:⁣

1. Didihkan air, gula pasir, kayu manis, cengkeh dan daun pandan sampai gula larut.

2. Matikan api, tunggu sampai uap panasnya hilang. Aduk-aduk bila perlu, untuk mempercepat proses.⁣

3. Keluarkan kayu manis, cengkeh & daun pandan, masukkan bengkuang, nanas & pepaya, masukkan air jeruk nipis, aduk rata.

4. Diamkan di kulkas sampai meresap (semalaman lebih enak). Sajikan langsung atau tambah es batu.

Tips:

1. Ada jenis pepaya yang walaupun matang tapi tidak gampang lembek, seperti pepaya california. Walaupun lewat 2 hari tetap segar.⁣

2. Untuk pepaya yang sudah sangat matang bisa direndam dulu sebentar dengan larutan air+kapur sirih agar tidak lembek.

Selamat Mencoba...

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00