Buat Camilan Sayur Gulung Alpukat Untuk Berbuka

KBRN, Jakarta: Setiap orang pasti lebih memilih menyantap camilan ketimbang harus makan berag pada saat berbuka maupun sahur. Namun, jika anda menghindari makanan manis, tidak ada salahnya membuat sayur gulung sederhana yang bisa membuat badan menjadi lebih sehat.

Resep kali ini, Anda bisa membuat sayuran gulung. Menu ini memiliki bahan utama alpukat yang ditumbuk, kemudian dibungkus dengan sayur hijau atau kol. Asalkan, sayuran tersebut memiliki ruas yang lebar.

Tidak hanya alpukat, anda juga bisa menambahkan beberapa sayuran kesukaan di dalamnya. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuatnya? Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya :

Bahan:

Untuk mash alpukat terdiri dari : 

2 besar alpukat

1 jeruk nipis, peras

1 lada jalapeno kecil, cincang halus

Ketumbar, cengkeh, bawang putih cincang halus, garam dan lada hitam secukupnya

Sedangkan untuk gulungan sayur

1 bundel collard green (sekitar 5 daun besar)

1-2 paprika merah besar, diiris tipis

1 mentimun tanpa biji, potong ukuran korek api

Kubis merah, parut

Brokoli atau tauge

Garam

Lada hitam untuk rasa

Cara Membuat:

Mash Alpukat

1. Ambil daging alpukat, dan masukkan dalam mangkuk sedang dan tumbuk kasar dengan garpu. Tambahkan perasan jeruk nipis, jalapeno, ketumbar, bawang putih (opsional) dan bumbui dengan garam dan merica, secukupnya.

2. Sisihkan saat menyiapkan collard green.

Gulungan Sayur

1. Siapkan collard green dengan memotong batang sepenuhnya. Siapkan dua potong. Sebarkan satu sendok makan alpukat ke tengah setiap daun.

2. Lapisi paprika merah, mentimun, wortel, kubis merah, dan brokoli. Bumbui dengan sedikit garam dan merica.

3. Tekan isian dan mulai gulung. Gulingkan daun dengan rekat. Letakkan di atas piring saji dan lanjutkan sampai semua isian digunakan, sekitar 10 gulungan. Segera simpan. Dan siap disajikan.

(foto:istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00