Hati-hati, Covid-19 Bertahan Delapan Jam di Udara

KBRN, Jakarta: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan ringkasan ilmiah terbaru yang merangkum tentang berbagai cara penularan virus corona jenis SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Salah satunya, penyebaran Covid-19 dapat melalui udara. 

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Subandrio mengatakan virus corona dapat bertahan sampai 8 jam di udara. 

"Dia di udara bisa bertahan sampai 8 jam. Yang keluar dari mulut kita hidung kita adalah droplet, tapi ini sudah diketahui sejak lama bahwa droplet itu kalau keluar ukurannya besar," kata Amin dalam diskusi bertajuk 'COVID-19 dan Ketidaknormalan Baru' yang digelar Sindo Trijaya secara virtual, Sabtu (11/7/2020).

Amin menjelaskan begitu terbang, sebagian air yang ada di droplet itu akan menguap. Setelah itu Covid-19 Makin lama di udara, kadar airnya akan menurun jadi partikelnya akan makin kecil.

Untuk memperkecil penyebaran virus Covid-19 melalui udara, Amin menyarankan agar setiap ruangan kantor atau dirumah selalu disediakan sirkulasi udara yang baik.

"Agar setiap ruangan baik perkantoran ataupun rumah memiliki ventilasi udara yang baik agar adanya perputaran udara," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00