Hindari Minuman Ini, Jika Tidak Mau Gemuk

Ilustrasi.jpg

KBRN, Jakarta: Makanan bukan satu-satunya hal yang patut diwaspadai apabila anda ingin memiliki berat badan ideal atau mencegah kegemukan. Pasalnya, kebiasaan minum jenis minuman tertentu juga turut andil dalam menyebabkan peningkatan berat badan. 

Tentunya semua orang pasti sudah tahu bahwa minuman yang paling baik untuk kesehatan tubuh kita adalah air putih. Tetapi mengonsumsi air putih setiap hari dan setiap saat tentu lama-kelamaan membuat bosan. 

Alhasil kita mulai mencicipi berbagai jenis minuman baru, dengan pilihan rasa yang bermacam-macam dan tentunya lebih menggugah selera dibanding segelas air putih.

Lantas, apa saja jenis minuman yang bikin gemuk dan harus sekali anda hindari? Simak selengkapnya dalam penjelasan artikel yang berhasil RRI rangkum berikut ini. Diantaranya: 

1. Jenis Kopi Kekinian

Kopi yang disajikan dalam keadaan dingin tentu mampu menggugah selera dan terlihat sekian kali lebih nikmat daripada kopi biasa. Tapi perlu kalian ketahui, kalau kopi dingin memiliki kandungan sekitar 900 kalori. 

Hal ini bukan tanpa alasan, kopi-kopi dingin yang biasa kalian temukan di berbagai tempat makan disajikan  dengan tambahan sirup, whipped cream, susu tinggi lemak, gula, atau jenis pemanis buatan lainnya yang tentunya akan membuat tubuh Anda menjadi cepat gemuk.

2. Susu

Susu memang menyehatkan, namun tidak dapat kita pungkiri bahwa susu juga menjadi salah satu penyumbang lemak bagi tubuh kita. Hal ini karena susu mengandung lemak jenuh yang tinggi dan menjadi salah satu faktor yang mampu menaikkan berat bada Anda dengan cepat. Oleh karena itu, untuk kalian para pecinta susu harus benar-benar memperhatikan konsumsi minuman satu ini.

3. Bir 

Satu botol bir mengandung kurang lebih 120 kalori. Tidak hanya itu saja, bir juga mengandung karbohidrat serta tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga hanya menjadi penyumbang lemak bagi tubuh Anda jika dikonsumsi secara terus menerus.

4. Soda

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Mengonsumsi soda dalam jumlah besar dan secara terus menerus akan melemahkan sistem imun Anda . Selain itu, soda juga tidak mengandung nutrisi, melainkan natrium dan pemanis buatan dalam jumlah tinggi yang dapat membuat tubuhmu cepat gemuk dalam waktu singkat.

5. Minuman yang diproses

Minuman yang diproses disini contohnya adalah jus dengan campuran gula yang siap kalian minum dan bisa temukan di pusat perbelanjaan. Yup, jus-jus siap minum ini biasanya hanya mengandung 3 persen buah saja dan banyak pemanis buatan untuk menambah citarasa dari jus tersebut agar lebih nikmat.

6. Minuman energi

Minuman energi membuat tubuh gemuk! Minuman energi mengandung banyak gula, kafein, dan bahan-bahan lain yang tidak hanya membuat berat badan Anda naik, melainkan juga dapat menumbuhkan sel-sel kanker. Mengonsumsi minuman energi secara rutin juga dapat menjadi penyebab diabetes. 

7. Jus buah-buahan

Selain menyehatkan, buah-buahan dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, jus buah dan smoothie buah-buahan justru dapat menimbulkan efek sebaliknya karena mengandung gula. 

Bahkan, jus buah dan smoothie yang menggunakan seratus persen buah segar bisa saja mengandung pemanis tambahan lainnya lebih banyak lagi. Inilah yang membuat jus buah menjadi salah satu minuman yang bikin gemuk. 

Anda boleh saja minum jus buah dan smoothie saat sedang menjalani diet. Namun, pastikan untuk selalu menggunakan seratus persen buah segar tanpa pemanis buatan. Perhatikan porsinya dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan. 

Solusi lainnya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan segar secara langsung dibandingkan mengolahnya sebagai jus atau smoothie. 

Kebiasaan minum minuman jenis tertentu memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari konsumsi minuman yang bikin gemuk agar diet Anda menjadi sukses dan berhasil. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00