Ternyata Olahraga Sepeda Cocok untuk Penderita Obesitas

Ilustrasi (Foto: Beautyhealthtips)

KBRN, Jakarta: Dimasa pandemi Covid-19 bersepeda memang saat ini menjadi tren di berbagai kalangan, namun jika Anda memiliki berat badan yang melebihi batas atau obesitas, kira-kira boleh tidak ya melakukan olahraga bersepeda?

Saat dirangkum dari beberapa sumber kesehatan, ternyata olahraga sepeda sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita obesitas, terutama untuk unsur kenyamanannya.

"Pada orang-orang yang obesitas tentu lebih nyaman bersepeda. Biasanya kalau mereka lari itu ada keluhan pada kakinya, seperti rasa sakit karena topangannya lebih berat," jelas Spesialis Kedokteran Olahraga, Dr Andhika Raspati, SpKO, yang dikutip dari OKezone, Sabtu (4/7/2020).

Alasannya, karena penderita obesitas lebih nyaman bersepeda karena tidak terlalu terbebani oleh tubuhnya. Berbeda dengan olahraga lari, kaki menjadi tumpuan utama, sehingga membuat penderita obesitas terkadang tidak kuat.

Selain itu, jika kaki seseorang yang obesitas dipaksa menerima beban dari badan, salah satunya olahraga jogging itu bisa menimbulkan keluhan, pada lutut misalnya. Apalagi kalau ada kelemahan pada otot-otot sekitar lutut dan panggul. 

Sementara naik sepeda itu kan lebih low impact. Jadi memang cocok untuk orang obesitas, karena nantinya keluaran kalori saat berolahraga itu sangat individual. Tergantung pada berat badan, usia, serta laju metabolisme dasar orang tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00