Ragam Olahraga di Rumah Saat Pandemi

KBRN, Jakarta: Pandemi virus corona (COVID-19) yang menyebar dengan cepat di Indonesia, membuat beberapa orang takut untuk beraktivitas di luar rumah, terlebih berolahraga di luar ruangan.

Olahraga di rumah menjadi opsi paling bijak, di saat gym dan pusat olahraga tutup karena merebaknya virus corona (Covid-19). Sebab, peneliti menyatakan bahwa gym menjadi salah satu tempat penyebaran virus corona.

Olahraga di rumah juga dapat menjadi upaya social distancing atau menjaga jarak, supaya penyebaran virus corona tidak semakin meluas.

Bingung bagaimana berolahraga dirumah? berikut RRI Rangkum macam-macam olahraga yang bisa anda lakan dirumah yang diambil dari berbagai sumber.

1. Olahraga Kardio

Olahraga kardio efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan melindungi jantung dari ragam gangguan. Olahraga ini dapat dilakukan di rumah tanpa peralatan.

Beberapa gerakan yang bisa dicoba seperti, high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakan otot utama pada bagian paha dan betis pada kecepatan tertentu. Lalu, ada burpee, yaitu olah gerak keseluruhan tubuh.

Burpee terdiri dari gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali melakukan squat (ke posisi jongkok) dan terakhir berdiri sambil berloncat. 

Kalau lima gerakan ini dilakukan dengan benar, seluruh tubuh akan bergerak dan esensi olahraga benar-benar dilakukan.

2. Yoga

Walau gerakan yoga terlihat mudah, tapi jangan anggap remeh olahraga di rumah ini. Bagi siapapun yang pernah mencoba yoga, pasti tahu efektivitasnya dalam membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat.

Manfaat yoga tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga mental. Beberapa manfaat yoga seperti menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan, memperkuat energi dan vitalitas, tentu bisa menguntungkan Anda selama masa darurat virus corona.

Selain itu, manfaat yoga untuk kesehatan mental adalah mencegah stres dan meningkatkan rasa damai dalam pikiran yang penat. Bagi Anda yang merasa takut dan cemas akan virus corona, melatih kemampuan Yoga di rumah, dapat menjadi obatnya.

3. Aerobik

Olahraga aerobik menjadi opsi yang cukup menarik untuk dilakukan di rumah, misalnya zumba. Biasanya, instruktur olahraga aerobik ada di hadapan Anda selama sesi berlangsung. Namun, karena darurat virus corona membuat banyak orang memilih untuk tetap di rumah, carilah instruktur online.

Bahkan di Spanyol, ada seorang instruktur senam yang rela mengajak orang-orang di sekitarnya, untuk olahraga. Dari atas gedung, ia memimpin gerakan senam yang kemudian diikuti oleh banyaknya warga Spanyol yang semangat berolahraga di balkon.

Sama seperti yoga, ternyata olahraga aerobik juga bisa meredakan gejala depresi dan gangguan cemas, yang mungkin diakibatkan oleh virus corona.

Dalam beberapa studi, aerobik berhasil mengurangi gejala pada penderita depresi dan gangguan cemas.

4. Menari

Nyalakan lagu favoritmu, dan menarilah! Penelitian membuktikan, menari juga tergolong sebagai olahraga karena bisa meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh. Sebab, menari membuat tubuh kita menjadi lebih aktif dan terus bergerak.

Namun ingat, jangan memaksakan diri, terutama jika Anda adalah pemula yang baru memulai menari sebagai pilihan olahraga di rumah.

5. Push-up dan Sit Up

Push up dan sit up adalah olahraga ringan yang paling banyak dilakukan orang di rumah. Olahraga yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh seseorang. Push up dapat memperkuat otot lengan Anda sedangkan sit up baik untuk melatih dan membentuk perut.

Push up dan sit up ini bisa Anda lakukan sendirian atau bisa juga dengan dua orang. Ajaklah anggota keluarga Anda lainnya untuk melakukan olahraga push up dan sit up ini selama masa karantina mandiri di rumah.

6. Jogging

iasanya orang-orang melakukan olahraga jogging di tempat umum, seperti di gor olahraga, lapangan terbuka atau taman kota. Namun, siapa bilang jogging tidak bisa dilakukan di rumah?

Anda bisa melakukan jogging di halaman depan rumah Anda. Tidak perlu halaman atau ruang yang sangat luas. Selain jogging di halaman, Anda bisa berlari-lari kecil di tempat atau dengan menggunakan treadmill jika tersedia di rumah Anda.

7. Skipping atau Lompat Tali

Olahraga yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin sesuatu yang mudah dan simpel. Lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah atau dihalaman rumah anda, dan tetap bisa membuat Anda berkeringat serta meregangkan otot.

Olahraga ini juga tidak memerlukan skill khusus untuk melakukannya, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan olahraga ini meskipun tanpa pengawasan dari pelatih olahraga Anda.

Cukup dengan melakukannya selama 15-30 menit sehari maka Anda akan merasa lebih bugar dan tentunya lompat tali bisa membantu menurunkan berat badan Anda dengan baik.

8. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga bisa menjadi pilihan olahraga bagi Anda yang bosan selama menjalani masa karantina mandiri di rumah. Namun, olahraga ini lebih mungkin untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki rumah dengan dua lantai.

Caranya pun sangat mudah, karena Anda hanya perlu untuk menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali. Cukup lakukan ini selama 10-15 menit. Lakukanlah naik turun tangga serutin mungkin, karena manfaatnya untuk membakar kalori sangatlah efektif.

9. Hula Hoop

Hula hoop biasanya identik dengan permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak. Namun, siapa sangka hula hoop bisa menjadi pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah selama masa karantina mandiri.

Salah satu olahraga yang sering dianggap juga sebagai permainan ini, memang terlihat sederhana namun efeknya cukup luar biasa. Bagi wanita, hula hoop bermanfaat untuk membentuk pinggul yang indah dan bagi pria untuk melatih stamina bagian bawah tubuh.

10. Angkat Beban

Angkat beban tidak hanya bisa dilakukan dengan datang ke tempat gym, namun Anda bisa melakukan olahraga ini di rumah.

Olahraga angkat beban tidak harus dilakukan dengan menggunakan dubble atau barble. Anda bisa menggantikannya dengan peralatan yang ada di rumah, seperti timbah yang berisi air atau sisa botol yang tidak terpakai. Anda juga bisa membuat barble dari botol plastik yang berisikan semen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00