Seluruh Imigran Rohingya Dinyatakan Negatif Covid-19

KBRN, Aceh Utara: Tim Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Aceh Utara, menyatakan, berdasarkan hasil rapid test Covid-19, terhadap 100 Imigran Rohingya yang terdampar di perairan Aceh, hasil semuanya menunjukkan negatif terpapar virus corona .

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin mengatakan, setibanya di bangunan bekas Imigrasi di Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Kamis malam (25/6/2020), pihaknya langsung melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes cepat Covid-19.

“Kami telah melakukan langkah penanganan pasca pengungsi Rohingya dievakuasi dari daratan Pantai Lancok, Syamtalira Bayu, langsung lakukan rapid test, baru selesai pukul 23.00 WIB, semuanya hasilnya non reaktif, atau negatif Covid-19," kata Amir pada RRI, Jumat (26/6/2020).

Dijelaskan, selain dilakukan rapid test, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan secara umum. Hal ini, dilakukan karena beberapa orang diantara mereka dalam kondisi lemah setelah dievakuasi ke pesisir Aceh Utara.

“Ada tiga warga yang kondisi lemas, namun tidak membutuhkan perawatan rumah sakit. Hanya dilakukan perawatan di lokasi penampungan sementara. Dalam penanganan pengungsi di tempat penampungan kita juga tetap mengedepankan protokol kesehatan, tidak boleh sembarangan orang keluar masuk menemui pengungsi," pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00