Objek Wisata Belitung Timur Mulai Diserbu Warga

Pengunjung menikmati wahana di Kolam Renang Sungai Manggar

KBRN, Belitung Timur: Beberapa kawasan wisata di Kabupaten Belitung Timur sudah mulai dibuka, dan turut menandai dimulainya penerapan Tatanan Kehidupan Normal Baru di daerah tersebut. Seperti Kolam Renang Sungai Manggar.

Kolam renang dikelola oleh Pemerintah Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur ini telah dibuka sejak (4/7/2020). Sebab, sempat ditutup selama empat) bulan karena pandemi COVID-19.

“Dibukanya kembali tempat wisata ini kami sesuaikan dengan aturan protokol kesehatan bagi masyarakat untuk mencegah dan mengendalikan COVID-19. Semua warga yang masuk melalui pintu utama wajib mentaati dengan pengecekan suhu tubuh dan menggunakan masker, baik itu pengelola maupun pengunjung,” kata Kepala Desa Mekar Jaya, Syamsudin saat meninjau kolam renang, Jumat (10/7/2020).

Pengelola memberlakukan aturan baru bagi pengunjung. Hal itu mengacu pada keputusan Menteri Kesehatan tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Pengelola Kolam Renang Sungai Manggar memeriksa suhu tubuh pengunjung

Sebelum dibuka, Syamsuddin menerangkan, telah melakukan pembersihan dan disinfeksi terhadap seluruh permukaan di sekitar kolam renang seperti tempat duduk, lantai hingga menyediakan tempat cuci tangan, dan hand sanitizer.

Itu, lanjut dia, termasuk menginformasikan berbagai hal melalui papan informasi dipasang di area kolam renang agar dapat diketahui pengunjung.

“Sebelum ke kolam renang kami pastikan pengunjung dalam kondisi sehat dan prima. Selain itu mereka membawa perlengkapan renang masing-masing, seperti baju renang, kacamata hingga handuk, dan wajib gunakan masker sebelum dan setelah berenang,” ucap dia.

Dibukanya kembali Kolam Renang Sungai Manggar disambut antusias pengunjung. Salah satunya warga Kota Manggar, Ijah. Dia datang bersama keluarga membawa anak cucunya berenang setelah cukup lama berdiam diri di rumah akibat pandemi virus corona.

“Senang bisa ajak anak cucu Saya ke sini. Hanya cucu yang berenang dan saya hanya mengawasi saja,” kata Ijah.

Ijah berharap kondisi yang semakin baik ini dapat dipertahankan, sehingga tempat-tempat wisata di Beltim bisa buka secara normal kembali, terutama wahana wisata yang murah dan relatif terjangkau oleh masyarakat seperti dirinya.

“Maunya corona dak ada lagi,capek. Jadi buka terus lah kolam ini. Di sini kan murah, terjangkau kebanyakan warga,” ucap Ijah.

Dari pantauan RRI, pengunjung Kolam Renang Sungai Manggar yang dibuka setiap hari tersebut cukup ramai.

Selain itu, Pemdes setempat juga terus berbenah memperbaharui fasilitas disediakan untuk para pengunjung, yakni dengan menambah spot foto, warung kopi, dan juga wisata mangrove Sungai Manggar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00