Perhatikan Hal Ini Agar Travelling Aman COVID-19

Traveling ke tempat wisata unik (Ilustrasi/Dok. Istimewa)

KBRN, Jakarta: Pemerintah secara bertahap mulai membuka sektor pariwisata untuk menumbuhkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) untuk masyarakat yang produktif namun aman dari COVID-19.

Kini, para traveller kembali memiliki kesempatan untuk dapat berwisata ke daerah yang telah direncanakan sebelumnya.

Meski demikian, traveller harus mengutamakan faktor kesehatan, mengingat masih berlangsungnya pandemi COVID-19.

"Prinsipnya saat ini kalau mau travelling adalah sehat dulu, travelling kemudian. Kita harus tahu kondisi fisik kita seperti apa ketika ingin melakukan travelling," kata Travel Blogger M. Arif Rahman dalam dialog Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB Jakarta, Minggu (5/7/2020).

Arif mengatakan, pada masa adaptasi kebiasaan baru, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya tujuan destinasi wisata harus berada pada zona aman COVID-19.

"Cukup mudah untuk melakukan travelling, tinggal booking tiket pesawat dan hotel, lalu kita siap berangkat. Namun di tengah pandemi seperti ini, kita harus tahu terlebih dahulu zona mana yang aman untuk travelling," ujarnya.

Selanjutnya, perlu juga diperhatikan protokol transportasi pada daerah yang dituju. Transportasi apa yang diizinkan serta persyaratan apa yang harus disiapkan untuk menggunakan transportasi tersebut.

"Yang tidak kalah penting adalah kita harus memeriksa kesiapan lokasi wisata untuk menerima kunjungan, apakah tempat tersebut sudah siap dengan protokol kesehatan yang baru," tambahnya.

Tak lupa, dia pun mengingatkan para traveller untuk menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada agar terhindar dari COVID-19.

"Jika sudah siap travelling, harus patuh dengan protokol kesehatan dengan pakai masker, jaga jarak dan senantiasa cuci tangan," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00