Lakukan Lima Hal Ini Saat Solo Traveling!

Ilustrasi Solo Traveling (Foto: volunteerforever.com)

KBRN, Jakarta: Solo traveling atau berangkat liburan sendiri saat ini banyak dilakukan oleh banyak orang, banyak yang menilai travel sendirian dapat banyak manfaat, selain Anda bebas berkunjung ke mana saja, Anda juga dapat mealukan "me time" atau menghabiskan waktu sendirian.

Kendati begitu, sebelum pergi solo traveling sebaiknya Anda simak tips berikut ini supaya persiapan liburan sendirian menjadi sesuai dengan planning:

1. Orang Terdekat Wajib Tau

Sebelum Anda berangkat liburan, sebaiknya beritahukan dulu keluarga, kekasih, atau teman terdekat tentang rencana solo traveling. 

Anda wajib memberi tau kemana tujuan pergi, tanggal dan pulang keberangkatan, serta jadwal dan nomor penerbangan jika Anda pergi naik pesawat. 

Hal ini dilakukan agar mereka mengetahui keberadaan Anda dan segera membantu saat butuh sesuatu. Selain itu, sebelum berangkat, Anda juga harus menghubungi keluarga dan kerabat terdekat Anda terlebih dahulu.

2. Susun planning detail

Saat liburan sendirian, Anda harus menjadi seseorang yang fleksibel dan multitasking. Anda harus mengatur detail budget liburan. 

Pastikan, sebelum mulai liburan, Anda wajib mulai mencari-cari tiket pesawat dan kamar hotel yang sesuai dengan budget.

Selain penginapan, Anda harus menyiapkan budget detail transportasi dan konsumsi. Anda juga diwajibkan melakukan survei di internet mengenai destinasi wisata yang hendak Anda kunjungi. Anda harus ingat, meski melakukan solo traveling, pengeluaran Anda harus tetap dikontrol.

3. Hafal nomor-nomor penting

Agar solo traveling Anda aman, Anda bisa mencatat di note dan menghafal nomor penting seperti Ibu, Ayah, atau sanak saudara, selain keluarga, Anda juga bisa menghafal nomor kerabat dekat seperti sahabat. Selain itu, seperti nomor telepon polisi, ambulan, juga harus dihafal diluar kepala. Hal ini dilakukan guna antisipasi ketika kejadian darurat menimpa Anda. Tapi, semoga tidak ya!

4. Siapkan penunjuk arah

Jangan sampai tersesat di jalan bikin Anda kehabisan waktu liburan. Sebelum berangkat, pastikan Anda menyiapkan petunjuk arah berupa GPS di handphone. Atau kalau ingin yang lebih konvensional Anda bisa membawa peta.

Tapi jangan khawatir, ada pepatah mengatakan "Malu Bertanya Sesat di Jalan". Jangan ragu untuk menanyakan arah pada warga sekitar, supaya tidak tersesat.

5. Siapkan uang tunai 

Anda akan tertimpa masalah jika tidak memiliki uang tunai di saku. Saat sedang bepergian sendirian, alangkah baiknya Anda menyiapkan uang tunai sebanyak mungkin.

Hal ini wajib dilakukan, karena saat travel sendirian, tidak ada kerabat yang dapat menolong Anda. Untuk itu, lebih baik disiapkan, walaupun nantinya uang Anda tidak digunakan semua.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00