Lima Destinasi Wisata di Sumsel Dibuka Kembali

Foto : istimewa

KBRN, Palembang : Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali membuka akses pariwisata setelah ditutup sementara selama masa Pandemi Covid-19. 

"Sebanyak lima destiniasi wisata yang berada di lima kabupaten kota kembali dibuka menyusul telah ditetapkan sebagai zona hijau Covid-19," kata Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, dalam keterangannya, Sabtu (27/6/2020).

Herman menyatakan, berdasarkan catatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan, lima wilayah yang masuk zona hijau tersebut yakni Kota Pagaralam, Kabupaten Musirawas Utara (Muratara), Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, OKU, dan Lahat.

Sejalan dengan dibukanya kembali obyek wisata tersebut, ia mengungkapkan, salah satu kalender event dalam waktu dekat yang akan dilaksanakan yakni wisata bersepeda Ranau Grand Fondo dengan pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

“Event itu sudah diikuti oleh berbagai negara jadi sayang untuk dilewatkan begitu saja. Ini akan sangat membantu perekonomian masyarakat setempat karena untuk penginapan menggunakan homestay,” kata Herman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Selatan Aufa Syahrizal mengatakan, sektor pariwisata sangat berdampak ketika pandemi Covid-19 berlangsung.

Industri wisata seperti perhotelan disebut mengalami dampak yang paling besar dengan penurunan omset pendapatan hingga 90 persen.

“Kami berharap geliat industri wisata dapat kembali tumbuh. Mohon duukungan dari masyarakat,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00