Perayaan Lebaran Topat, Obyek Wisata Dipantau Ketat

Danrem 162/WB.jpg
Bersepeda Pantau Pos Pam.jpg

KBRN, Mataram: Lebaran ketupat atau lebaran topat (ketupat) bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya masyarakat Lombok, merupakan tradisi yang dilaksanakan seminggu setelah Perayaan Idul Fitri.

Dalam perayaannya biasanya tempat-tempat wisata ramai dikunjungi masyarakat tua muda, sehinga pantauan antisipasi kerumunan untuk mencegah penyebaran Covid-19 diperketat.

Terkait itu, Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani didampingi Danyonif 742/SWY, Kapenrem 162/WB dan Pasi Korem melaksanakan pemantauan dengan bersepeda santai, di beberapa Pos Pengamanan Idul Fitri dan Lebaran Topat di wilayah Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat.

“Alhamdulillah hari ini kita masyarakat Lombok melaksanakan lebaran topat seminggu setelah lebaran Idul Fitri,” kata Rizal dalam keterangannya, Minggu (31/5/2020).

Dijelaskannya, pihaknya sengaja melihat beberapa pos pengamanan untuk memastikan kondisi terakhir pelaksanaan lebaran ketupat khususnya di Pospam daerah wisata, mengingat daerah wisata sebagai pilihan utama masyarakat Lombok dalam merayakan tradisi lebaran turun-temurun tersebut.

Selain itu, orang nomor satu di jajaran Korem tersebut juga mengimbau, seluruh masyarakat untuk perayaan lebaran topat di rumah saja Bersama keluarga dan tidak ketempat-tempat wisata dengan harapan dapat memutus penyebaran dan penularan virus corona atau corona virus desease (covid-19).

“Jadi mari kita rayakan lebaran topat bersama keluarga di rumah saja untuk menghindari adanya kerumunan massa yang dapat menularkan Covid-19 satu dengan yang lainnya, ingat Kesehatan itu mahal jika sudah sakit,” ajaknya.

Adapun, jarak ditempuh sekitar 25 km dengan dua etape yang dilewati oleh Danrem bersama rombongan, yakni etape pertama dari rumah dinas menuju jalan Udayana-Tugu pesawat Ex Bandara, Simpang Rembiga, dan Simpang Pasar Gunungsari-Koramil Gunungsari. 

Etape kedua dari Koramil Gunungsari-Simpang tiga, Montong-Jembatan Meninting, Makam Bintaro-Simpang tiga, Kebon Roek-Kota Tua, Malomba-Koramil Ampenan, Loang Balok-Pos Tembolak, dan Makorem dengan sasaran Pospam Udayana.

Berlanjut, Pospam Depan Ex Bandara, Pospam Simpang Gunungsari, Pospam Montong, Titik Pam Makam Bintaro, Titik Pam Kota Tua, Titik Pam Loang Balok serta Pospam Tembolak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00