Melasti di Tengah COVID-19, Warga Diminta Jalankan Edaran Gubernur Bali

KBRN, Denpasar : Pemerintah Provinsi Bali bersama Parisadha Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali dan Majelis Desa Adat Provinsi Bali telah mengeluarkan Surat Edaran Bersama Nomor 019 Tahun 2020. 

Surat Edaran Bersama itu tentang Pelaksanaan Rangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1942 di Bali. Salah satu butir dalam Surat Edaran Bersama ini mengatur soal kegiatan Melasti Tawur Kasanga Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1942. 

Desa Adat diminta memperhatikan beberapa hal, yaitu jika lokasinya berdekatan dengan segara, melasti dapat dilakukan di pantai. Sedangkan Desa Adat yang lebih dekat dengan Danu, melasti di Danau. Jika Desa Adat wewidangannya berdekatan dengan Campuhan, melasti di Campuhan. 

Sementara bagi Desa Adat yang memiliki Beji dan/ atau Pura Beji, Melasti di Beji. Namun untuk Desa Adat yang tidak Melasti sebagaimana disebut, dapat melaksanakannya dengan cara Ngubeng atau Ngayat di Pura setempat. 

Petajuh (Wakil Ketua) I Bendesa Agung Bidang Agama, Seni Budaya, Tradisi, dan Kearifan Lokal Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, Dr. I Gusti Made Ngurah meminta, seluruh warga mengindahkan Surat Edaran Bersama tersebut. 

"Kalau sekarang dalam hal ini, kalau dibawa kedalam ajara Agama, kan kita harus taat namanya pemerintah itu adalah Guru Wisesa. Jadi melaksanakan Dharmaning Negara harus taat kepada pemerintah, melaksanakan ajaran Agama, itu harus taat kepada pimpinan Agama, tokoh Agama atau lembaga Agama, dalam hal ini disebut dengan menjalankan Dharma Agama dengan Dharma Negara harus seimbang," katanya kepada RRI di Denpasar, Sabtu (21/3/2020). 

Ia memastikan, 1.493 Desa Adat di Bali siap menjalankan Surat Edaran Bersama tersebut. Terlebih, menurutnya, pelaksanaan sesuai Surat Edaran Bersama tidak mengurangi makna atau esensi dari Melasti. 

"Tidak mesti ramai-ramai seperti biasa. Ini kan keadaannya memang seperti ini. Nanti kalau keadaan sudah bagus, silahkan. Tidak ada lagi pembatasan-pembatasan," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00