Ini Rekomendasi Wisata Aman Selama Musim Hujan

KBRN, Surabaya : Potensi wisata di Jawa Timur, dipastikan aman, meskipun telah memasuki musim hujan. Hal itu disampaikan M. Sinarto, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Minggu (12/1/2020).

"Alhamdulillah di Jawa Timur tidak begitu banyak masalah, tetapi kita harus tetap mewaspadai," katanya.

Beberapa potensi wisata di Jatim, ada berbagai macam, seperti wisata alam, wisata belanja, wisata edukasi, maupun wisata kuliner, serta wisata budaya.

Diakui Sinarto, wisata yang berpengaruh dengan kondisi cuaca adalah wisata alam, seperti gunung, pantai dan laut. Tetapi dia memastikan, bahwa seluruh lokasi alam di Jatim, aman hingga ada peringatan tertentu.

"Yang dipengaruhi musim, itu wisata alam, pasti. Jadi, laut, gunung, sungai, itu biasanya dipengaruhi oleh musim. Musim hujan, sungai pasti banyak air, lalu ketika ombak besar, laut mesti harus safety," ujarnya.

Dituturkannya, untuk wisata yang paling aman dan tidak terpengaruh dengan kondisi cuaca adalah wisata buatan. Dicontohkannya adalah sejumlah wisata yang ada Kota Batu, seperti musium angkut.

"Kalau rekomendasinya kemana, ya wisata buatan, itu paling aman. Kayak di Batu itu banyak yang buatan, kayak musium transportasi, itu aaya pikir bisa menjadi tujuan utama. Artinya aman tidak dipengaruhi oleh cuaca," imbuhnya.

Masyarakat sebagai wisatawan, diharapkan tidak perlu khawatir dengan kondisi cuaca ekstrim yang terjadi, namun tetap waspada.

"Di lautpun aman, asal tetap waspada. Jam berapa sampai jam berapa, biasanya pihak pihak dari BPBD selalu mengingatkan," tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00