Nuzulul Quran Dapat Diimplemetasikan Dalam Kehidupan

Bnivcang Khusus Pro3RRI (Foto:RRI)

KBRN, Jakarta: Ketua Fraksi PKS, Dr. Jazuli Juwaini. Lc. MA mengatakan bahwa bulan Ramadan memiliki tiga tahap yakni 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari ketiga. 

Maka dari itu semakin diujung tahap Ramadan, maka seharusnya setiap umat muslim harus berperilaku semakin baik. Apalagi di pertengahan Ramadan, Nuzulul Quran tiba dan dapat dimanfaatkan untuk mengejar pahala.

"Bagi umat islam Al-Quran merupakan pedoman dalam langkah kehidupan dan petunjuk. Dan juga membedakan mana yang salah dan benar," tutur Jazuli Juwaini melalui Bincang Khusus Pro3 RRI, Kamis (29/4/2021).

Dalam konteks ini, ia berharap jika peringatan Nuzulul Quran bukan hanya sekedar ceremony, tetapi umat islam harus mampu memetik nilai-nilai yang ada di Al-Quran agar bisa mengimplementasikan dalam kehidupan nyata.

"Berharapnya di Nuzulul Quran ini bukan hanya ceremony tetapi ada nilai yang diimplementasikan di dalam kehidupan kita, baik bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," tuturnya.

Kemudian di dalam bulan Ramadan ini, lanjutnya, umat islam juga harus mengenal zakat islam atau lebih dikenal sebagai zakat fitrah. Melalui  zakat, islam mengajarkan pemerataan secara proposional tentang distribusi ekonomi. 

"Tidak boleh satu keluarga ini bahagia tetapi keluarga disebelahnya menderita pada ujung bulan Ramadan, maka dari iyu diusulkan zakat fitrah," jelasnya. 

   

Sementara, katanya, zakat yang diutamakan yakni zakat MAL, yang diprioritaskan yang memiliki hubungan kerabat.

"Jadi kalau kita mempunyai kerabat yang kebetulan memiliki kekurangan dari sisi materi, dia berhak menerima zakat dari kita tapi kalau kita memiliki kelapngan rezeki," tuturnya. (MDS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00