Kenali Amalan Doa di Malam Nuzulul Quran

Ilustrasi Alquran (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Nuzulul Quran merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak ditunggu umat muslim ketika di bulan Ramadan. 

Hal tersebut dikarenakan amalan yang diciptakan oleh Allah SWT sangatlah berlimpah. Sejatinya, dalam menyambut malam Nuzulul Quran, Muslim dianjurkan untuk  melakukan amalan-amalan sunnah Nuzulul Quran agar mendapat pahala.

Biasanya umat muslim kebanyakkan melakukan kegiatan berupa membaca Alquran, berdoa dan berzikir, i'tikaf serta sholat malam tentunya di malam Nuzulul Quran.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas radhiallahu ‘anhu, Rasulullah SAW selalu membaca Al Quran tiap malam Ramadhan.

كَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ ، فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ . 

Dahulu Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada setiap malam Ramadhan, dan selanjutnya ia membaca Alquran bersamanya.” (Riwayat Al Bukhari).

Di Indonesia, Nuzulul Quran diperingati tiap tanggal 17 Ramadan. Tahun ini, 17 Ramadan 1441 Hijriah bertepatan dengan tanggal 29 April 2021.

Nuzulul Qur'an secara harfiah berarti turunnya Al Qur'an. Istilah ini merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Meski terjadi perbedaan di kalangan ulama terkait waktu turunnya Al Quran, namun mereka sepakat Al Quran diturunkan pada bulan Ramadan.  Berikut ini amalan yang bisa dilakukan di malam Nuzulul Quran, diantaranya:

1. Doa Mohon Ampunan untuk Orang Tua 

اَللهُم اغْفِرَلِيْ وَلِوَالِدَى ورْحَمْهُمَا كَمَارَبيَانِيْ صَغِيْرًا 

Allahummaghfir lii wa liwaalidayya warhamhuma kamaa rabbayanii shaghiraa

"Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangi aku di waktu kecil"

2. Doa Permaafan 

اللَّهُمَّ إنَّك عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي 

Allahumma Innaka 'Afuwwun, Tuhibbul 'Afwa, Fa'fu 'Anni 

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Mahapemaaf dan senang memaafkan, maka maafkanlah kesalahanku." 

Bacaan doa malam Nuzulul Quran di atas bisa diamalkan pula karena sudah pernah diriwayatkan oleh Aisyah RA bahwa ia pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang bacaan doa apa yang harus dibaca saat bertepatan dengan malam Lailatul Qadar. Beliau menjawab seperti doa yang tertera di atas.

3. I'tikaf 

Melaksanakan ibadah i'tikaf adalah salah satu amal yang amat dianjurkan untuk dikerjakan, terlebih khususnya di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW terbiasa menjalankannya, khususnya di 10 hari terakhir Ramadhan. 

4. Sholat Malam 

Bulan Ramadan adalah bulan obral pahala, tentunya dengan melakukan amalan sholat malam. Dalam salah satu sabdanya, Rasulullah SAW menegaskan bahwa nilai ibadah sunnah akan dinilai setara dengan pahala ibadah wajib. 

Nilai ibadah wajib juga akan dilipat gandakan hingga 70 kali lipat. Demikian Imam Ibnu Khuzaimah dalam kitabnya menuliskan hadits tersebut. 

Wallahu A'lam Bishowab

(imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00