Syekh Ali Jaber: Fadilah Keutamaan Shalat Subuh

KBRN, Jakarta: Dalam tausiah kuliah subuhnya yang disiarkan RRI pada hari Sabtu (24/4/21) subuh tadi, Alm. Ust Syekh Ali Jaber menyampaikan materi tentang keutamaan dan fadilah shalat subuh.

Syekh Ali Jaber menggambarkan bagaimana indahnya bangun pagi untuk tunaikan kewajiban shalat subuh, beserta shalat sunah qabliyah, sampai shalat tahajud.

Dengan bangun untuk shalat subuh, akan menambah karunia bagi kita dan Allah akan melindungi kita sepanjang hari.

Ketika shalat subuh, ibadah kita disaksikan oleh malaikat, mereka hadi dari manapun dan dimana pun kita melaksanakannya.

Syekh juga menjelaskan bagaimana keutamaan lainnya di waktu subuh adalah shalat sunah qabliyah subuh (shalat sunah fajar). Nabi Muhammad menyebutkan dua rakaat sholat sunnah ini lebih baik daripada dunia dan seisinya.

Yang mendorong hati kita untuk melaksanakan shalat subuh adalah rasa cinta kita kepada allah swt.

Cinta kepada allah bukan hanya sekadar rasa yang dipendam di dalam hati, tetapi cinta harus terwujud dalam amal shaleh yang membuktikan kecintaan kita kepada allah swt, salah satunya adalah dengan melaksanakan shalat subuh.

Oleh karena itu, tanda sempurnanya iman seseorang adalah dengan shalat subuh, bagaimana dia menunaikan shalat subuh tetap waktu, dan bagaimana dirinya merasa sedih jika kehilangan waktu subuhnya.

Karena dia merasa begitu beban dan merasa berat. Rasulullah sering berkata setan selalu menggoda kita agar malas bangun untuk shalat subuh. 

Syeks mengatakan bahwa Rasulullah sering berkata setiap kita tidur, ada tiga ikatan yang diikat oleh setan. 

Supaya melepaskan ikatan itu, Rasulullah menganjurkan ketika kita bangun, harus berzikir kepada allah swt, maka terlepaslah satu ikatan.

Jika masih terasa berat, kita lanjutkan dengan berwudu. Dengan begitu terlepas lagi satu ikatan yang diikat oleh setan.

Ketika kita menunaikan shalat subuh, maka shalat itu akan menjadikan kita orang yang semangat menjalankan harinya dengan penuh keberkahan, karunia, kebahagiaan, serta terus berada di dalam lindungan Allah.

Subuh adalah kunci rezeki, subuh adalah waktu turunnya keberkahan yang tidak akan didapatkan di waktu-waktu lain.

Rasulullah mengatakan Jika melaksanakan shalat subuh berjamaah, bisa mendapatkan nilai pahala seperti orang yang shalat malam sepanjang malam. Padahal, sepanjang malam kita hanya tidur, tetapi dengan nilai dua rakaat shalat subuh berjamaah kita akan medapatkan pahala seperti orang yang shalat malam sepanjang malam.

Menurut Syekh Ali Jaber, orang miskin itu adalah orang-orang muslim yang mengaku mancintai allah dan rasulnya, banyak melakukan kebaikan, banyak beramal shaleh, tetapi orang itu tidak melaksanakan shalat subuh.

Dirinya juga menyarankan agar mengikuti langkah-langkah Rasulullah untuk mengangkat kemiskinan itu, yaitu dengan cara tidur dalam keadaan berwudu, kemudian kita niat sungguh-sunggu untuk bangun melaksanakan shalat subuh tepat waktu, begitu bangun kita berzikir kepada Allah swt, kemudian segera berwudu dan melaksanakan shalat, sungguh nikmat yang luar biasa.

Keberkahan lebih besar akan kita dapatkan jika kita bisa melangkah ke masjid di saat gelap, demi ingin mendapatkan ridho allah swt.

Maka, Rasulullah menjelaskan bahwa setiap langkah kiita menuju masjid, akan dihitung satu langkah kebaikan, satu langkah menghapus dosa, dan satu langkah menaikan derajat kita di sisi allah swt.

Selain itu, dengan kita melangkahkan kaki ke masjid untuk shalat subuh di saat gelap, allah akan menggantinya dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat nanti.

Shalat subuh juga bisa menjadi kunci diampuni dosa kita, diampuni segala kekurangan, dan ditutupu segala aib-aib kita.

Bahkan, shalat subuh termasuk ibadah yang membuat kita selalu dalam lindungan Allah swt setiap saat, begitu indahnya kebahagiaan karunia shalat subuh.

Oleh karena itu, jangan pernah abaikan shalat subuh, jangan sia-siakan. Dengan hanya dua rakaat, jika kita tinggalkan, kita bisa merugi sepanjang hari. 

Kita rugi keberkahan rizki, kesehatan, dan segala kenikmatan yang sudah allah janjikan di dalam shalat subuh itu. 

Shalat subuh akan melatih kita untuk menjadi hamba yang kuat dan sabar, karena saat kita sedang enak tidur, tetapi kita mau bangun untuk shalat subuh menghadap Allah swt.

Pahala shalat subuh bernilai sepuluh kali lipat jika dibandingkan dengan shalat lima waktu lainnya.

Maka dari itu, bagi seluruh kaum muslimin harus terus membuka hati untuk selalu mengharap ridho Allah swt dan diampuni segala dosanya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00