Buya Hamka: Hindarilah Delapan Hal Ini

Foto: Kuliah Subuh Buya Hamka

KBRN, Jakarta: Siaran kuliah Subuh Alm. Ust Buya Hamka di RRI pada hari Rabu (21/4/2021) menyampaikan ceramah yang bertemakan hindari delapan hal ini.

Buya menceritaan disatu hari Rasullah berjalan dari rumahnya, biliknya ke dalam masjid beliau di Madina, beliau melihat disudut masjid ada seorang pemuda yang sedang duduk termenung dan mukanya dengan kesedihan yang terbendam di dalam hatinya, Rasullah mendekat ke pria tafakur itu. 

Rasullah bertanya kenapa dalam keadaan seperti ini engkau duduk tafakur dan wajahmu menampakan adanya kesedihan atau muram durijah, apakah yang engkau derita sekarang ini?.

Pemuda itu menjawab, saya ditimpa duka cita ya Rasullah karena hutang, hutang yang sudah lama dan sudah dekat, namun belum ada uang untuk membayar, itu yang membuat saya duduk disini ya Rasullah.

Rasullah menjawab sudihkah engkau saya ajarkan suatu bacaan, apabila ini bacaan suatu doa, engkau baca pagi-pagi, petang-petang juga di baca, inysa Allah hutangmu itu akan terbayar.

Dengan senang hati pemuda itu menjawab tentu Rasullah.

Disebut delapan banyaknya yang harus dihindari, yang pertama kami berlindung kepada engkau dari pada kesusahan dan duka cita. Saya berlindung dari pada lemah dan malas, saya berlindung dari kikir, dan yang kedelapan saya berlindung dari pengaruh berhutang daripada kekuasaan orang lain dari diri kita.

Inilah delapan yang diminta tuhan moga-moga kita terhindar dari penyakit ini, kalau ada penyakit ini ada delapan perkara, itu menjadi pribadi yang lemah, tidak mempuyai personaliti yang tegak. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00