Buya Hamka: Tambah Nikmat Mu dengan Bersyukur

KBRN, Jakarta: Dalam rekaman kuliah subuh Alm. Ust Buya Hamka yang diabadikan RRI tahun 1980-an dan disiarkan setiap setelah waktu Subuh selama bulan Ramadan, Beliau menyampaikan pesan kepada seluruh umat muslim untuk senantiasa terus bersyukur atas seluruh nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Dengan bersyukur, seluruh nikmat yang diberikan Allah kepada hambanya akan dilipatgandakan.

Alm. Ust Buya Hamka menyampaikan pesan "jika kamu mensyukuri nikmat yang diberikan Allah kepada mu, niscaya nikmat itu akan ditambah lagi oleh tuhan."

"Sebaliknya, jika kalian mengingkari nikmat Allah, maka azab akan datang kepada mu."

Beliau menekankan untuk selalu bersyukur ketika mendapat nikmat, bersabar ketika mendapat cobaan. 

Jika selalu mengeluh, hal itu akan menimbulkan penyakit pada jiwa dan raga. 

Beliau menambahkan, "Syukur dan sabar bagaikan dua sayap yang berdampingan. Sayap kanan adalah syukur dan yang kiri sayap sabar.  Jika patah salah satu maka kita akan jatuh."

"Ada kisah seseorang yang mengeluh  pada beliau tentang 2 rumah kontrakannya yang rusak padahal ia memiliki 30 rumah kontrakan."

"Ternyata sebagai manusia kita begitu banyak mengeluh hingga lupa pada karunia berlimpah yang Allah berikan untuk kita."

Lalu Buya juga selalu mengingatkan kita dengan istilah bahwa jika mata sudah kabur, uban sudah bertabur, gigi sudah gugur dan kulit sudah kendur, maka yang ke 5 adalah pintu kubur. 

Kita di ajarkan berdoa agar di jauhkan dari nafsu yang tidakk pernah kenyang, hati yang tidak pernah khusu', ilmu yang tak bermanfaat dan doa yang tidak di dengar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00