Kajian Dzuhur: Kunci Masuk Surga Perbanyak Sujud

Ilustrasi (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. H. M. Nurul Irfan, M.Ag. dalam kajiannya mengatakan kunci masuk surga seseorang tidak semudah mengucapkan kata Laillahaillah.

"Kunci surga antara lain adalah kalimat Laillahaillah miftahuljannah laillahhaillallah, dan tampankya tidak sesederhana dalam mengucapkan kalimat tersebut, kemudian bisa membuka pintu surga," tutur Nurul Irfan.

Irfan mencontohkan dengan sebuah dialog yang dilakukan oleh Rasullah SAW dengan salah satu pelayannya bernama Firos. 

Firos sendiri merupakan orang yang sudah lama memberikan pelayanan, mengabdi dan berhikmat kepada rasullab untuk selalu melayani. Bahkan, saat Rasullah mengambil air wudhu, ia selalu disediakan oleh Abu Firos. 

Seiring dengan berjalannya waktu beliau sudah tua tidak kokoh lagi, maka Rasullah SAW menawarkan untuk berhenti melayani beliau dan ingin memberikan hadiah dan ia bersabda:

"Mintalah padaku wahai Firos, sudah saatnya enkau istirahat dari pelayanan yang telah enkau berikan padaku."

Tetapi apa yang Abu Firos katakan? Dan memang cukup mengagetkan apa yang ia ungkapkan, tetapi ternyata ia meminta sesuatu yang diluar dugaan yaitu menjadi teman Rasullah SAW di surga.

"Saya hanya memohon satu ya rasullah, jadikan aku teman engkau di surga," jawab Firos.

Jawaban Firos sungguh mengagetkan Rasullah SAW, lalu beliau bersabda:

"Mungkin yang lain wahai Abu Firos," tanya Rasullah SAW.

"Tidak, memang hanya itu yang saya minta wahai Rasullah," jawab Firos.

"Baiklah jika seperti itu, jika memang kamu bermaksud untuk menjadi temanku di surga, ada banyak yang perlu anda lakukan yakni bantulah aku wahai Abu Firos, untuk mewujudkan permohonan itu dengan perbanyak sujud," minta Rasullah SAW.

Nampaknya Abu Firos di mata Rasullah masih perlu banyak meningkatkan ibadahnya. Maka dari itu di bulan ramadhan ini sangat banyak kesempatan untuk  bisa meraih surga seperti yang disabdakan rasullah kepada Abu Firos untuk memperbanyak sujud. 

"Maka dari itu di bulan ramadan ini kita diminta terus memperbanyak sujud kita di dalam solat, agar semua sujud yang kita jalankan bisa mulia dimata Allah SWT," pungkas Irfan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00