Sambut Ramadhan, Warga Banyumas Gelar Sadranan di Kabunan

Deskripsi

KBRN, Banyumas    : Setelah dua tahun tidak laksanakan tradisi Sadranan,  menyambut bulan puasa di makam Kabunan Desa Karanggude Kecamatan Karanglewas.  Kamis (24/3/2022) Sadranan Kabunan berlangsung meriah, dihadiri puluhan orang dari berbagai wilayah, termasuk dari masyarakat adat Desa Tinggarwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. 

Anak cucu juru kunci makam Kabunan Subandi mengatakan tradisi ini sudah dijalankan secara turun – temurun, sebagai bagian mendoakan leleluhur terutama Kyai Murokhidin yang merupakan leluhur dan pemuka agama islam di wilayah Banyumas. Sehingga bisa menjalankan puasa satu bulan penuh, tanpa halangan dan amal ibadah diterima oleh Alllah SWT. 

Sadranan Kabunan diawali dengan prosesi mendoakan sejumlah makam di sekitar kompleks Makam Kabunan, selanjutnya dilakukan pembersihan sampah dan doa di atas makam Kyai Murokhidin. 

Setelah semua prosesi diselesaikan selanjutnya dilakukan doa bersama di sekitar makam, dan prosesi selesai dengan makan bersama atau tasyakuran di komplek Makam Kabunan.

Info

  •   Dibuat oleh : Robin Abdulrahman
  •   Tanggal : 25 Mar 2022, 16:51:05

Share this

#VIDEO JURNALIS LAINNYA