Berdikari Meski Tanpa Kaki

Deskripsi

KBRN, Banjarnegara : Tak jauh dari pusat Kota Banjarnegara, tepatnya  RT4 RW1 Desa Petambakan Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Suwandi tinggal bersama dengan dua anak dan istrinya. 

Suwandi memiliki dua kaki yang tidak bisa tumbuh normal, yang dialami sejak berusia tiga tahun. Akibat penyakit panas, kedua orang tua Suwandi membawa ke petugas kesehatan, lalu disuntik dan berdampak kakinya tidak tumbuh normal. Kaki Suwando tetap mengecil, dan sulit untuk digerakan. 

Meski memiliki kaki yang tidak sempurna, Suwandi memiliki keahlian menjadi tukang kayu. Seperti membuat platform rumah, jemuran dari kayu, membuat kandang binatang dan lainya. 

Seperti saat RRI Purwokerto, mengunjungi Rumah Suwandi, sedang menyelesaikan pembuatan kandang kucing. Dari ketrampilan tersebut, Suwandi mampu menghidupi istri dan dua anaknya. Bahkan kedua anaknya sudah mandiri dan bekerja. 

Langkah Suwandi  tidak terbatas hanya di sekitar rumah, namun bisa berpergian dan berativitas diluar rumah bahkan luar desa. Untuk menunjang keseharianya, bekerja, beribdah, berkegiatan sosial lelaki berumur 58 ini memodifikasi sepeda dan kursi roda, agar bisa digunakan dengan mempergunakan tumpuan tangannya.  Semua dilakukan oleh dirinya mulai dari rancang bangun, hingga mengelas. Sepeda rancangan 

Info

  •   Dibuat oleh : Robin Abdulrahman
  •   Tanggal : 11 Mei 2021, 14:27:02

Share this

#VIDEO JURNALIS LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00