Community Leaders Banjarnegara Mendorong Insan PNM Berkualitas Untuk Mendukung UMKM Indonesia Naik Kelas

Pemimpin PNM Cabang Banjarnegara, Yosua Mawantyo Nugroho Saat Membuka Kegiatan Pelatihan Community Leaders Di Hotel Central Banjarnegara Jumat (18/11/2022) pagi. (rri/joko)

KBRN, Banjarnegara: PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Karya Digital Madani (KDM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Jumat (18/11/2022) pagi, menyelenggarakan Pelatihan Community Leaders dengan tema “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas” yang dihadiri oleh 250 peserta, yang merupakan pendamping nasabah PNM Mekaar (Kepala Unit Mekaar, Senior Account Officer, Account Officer) wilayah Banjarnegara di Hotel Central, Banjarnegara.

Pemimpin PNM Cabang Banjarnegara, Yosua Mawantyo Nugroho mengatakan,  Community Leaders adalah sosok rekan-rekan pendamping nasabah PNM Mekaar yaitu Pemimpin komunitas yang akan membantu nasabah untuk melakukan pendampingan dan pelatihan sederhana di dalam grup sehingga usaha nasabah bisa berkembang lebih maju dan naik kelas.

“Pelatihan ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan dukungan kepada para pendamping nasabah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak baik kepada kemajuan usaha nasabah PNM,”katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga dihadiri Septaria Salasi Permatasari selaku Manajer Regional Mekaar Banjarnegara, Agung Tri Munharyono selaku Manajer Bisnis PNM Cabang Banjarnegara dan Pemateri, Eka Fenty Widyandari selaku Narasumber dari KDM, dan Margareth Jonathan selaku Narasumber dari Rahasia Gadis.

“Pelatihan ini dilakukan secara serentak di 5 Kota (Banjarnegara, Purwokerto, Probolinggo, Jember, dan Tasikmalaya) bagi para pendamping nasabah, yang juga akan dilakukan secara nasional.

“Kemudian, untuk mendukung kegiatan, sebuah performance berupa tarian tradisional nanas madu dan lenggasor dipersembahkan oleh teman-teman unit PNM Mekaar wilayah Banjarnegara,”lanjutnya.

Pelatihan ini juga merupakan bentuk kolaborasi PNM PKU dengan KDM yang memfasilitasi pemberian materi beserta program-program sosial media yaitu Bakool, Produk Keren UMKM (PKU), Belajar Bareng PNM, dan Ngobrol Bareng PNM.

“Dalam pelatihan ini juga berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat,”ungkapnya.

Sebagai informasi, hingga 17 November 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 152,50 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13,12 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.509 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan. (jkw)