Apa Itu Restorative Justice?

KBRN, Purwokerto : Restorative Justice atau keadilan restoratif bukanlah hal yang baru dalam sistem peradilan pidana di Indonesia. Namun nyatanya belum banyak masyarakat yang tahu mengenai istilah tersebut.

Dalam acara Jaksa Menyapa di Studio Pro 1 RRI Purwokerto, Kamis (24/9/2020), Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokerto, Guntoro Jangkung mengungkapkan, keadilan restoratif berupaya menyelesaikan perkara dengan melibatkan para pelaku, korban, keluarga dan pihak lain yang terkait dengan menekankan kepada pemulihan kembali dan bukan pada permasalahannya.

“Sehingga mencegah terjadinya kejahatan lanjutan. Apabila kedua belah pihak sudah saling memaafkan dan kerugian tidak lebih dari 2,5 juta rupiah, Itu bisa diselesaikan secara restorative justice,” lanjutnya.

Restorative justice tertuang dalam Peraturan Jaksa Agung RI Nomor 15 tahun 2020 yang diterbitkan pada tanggal 21 Juli 2020.

Kasi Pidum Kejari Purwokerto, Guntoro Jangkung

Syarat sebuah perkara bisa diselesaikan dengan restorative justice, sambung Guntoro, yakni jumlah kerugian tidak lebih dari 2,5 juta rupiah, ancaman pidana tidak lebih dari lima tahun dan tersangka baru pertamakali melakukan tindakan tersebut atau bukan seorang residivis.

“Dan ada penyelesaian dari kedua belah pihak, yang dirugikan harus diganti atau dikembalikan,” imbuhnya.

Guntoro mencontohkan kasus yang terjadi pada tanggal 11 September 2020 lalu. Pada waktu itu, warga dari sebuah desa melakukan bersih-bersih dan ingin melebarkan jalan desa.

“Untuk melebarkan jalan mereka menebang pohon milik Perhutani. Karena merasa dirugikan, Perhutani melaporkan perkara tersebut ke Polresta Banyumas,” terangnya.

Setelah Kejari Purwokerto mempelajari berkas perkara tersebut, ternyata layak untuk dilakukan restorative justice. Untuk menyelesaikan perkara, segenap unsur Muspida bersama masyarakat desa tersebut diminta melakukan penanaman pohon kembali.

“Sekarang perkara sudah selesai,” pungkas Guntoro. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00