Lelang Barang Rampasan Negara Terbuka Untuk Umum, Siapapun Boleh Ikut

KBRN, Kabupaten Tegal : Barang rampasan negara yang memiliki nilai ekonomis di bawah 35 juta rupiah dapat dilelang langsung kejaksaan.

Hal tersebut diungkapkan Kasi Pengelola Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Kabupaten Tegal, Yulianto, SH., MH. dalam dialog Jaksa Menyapa di Studio Pro 1 RRI Purwokerto, Kamis (17/9/2020).

“Kami bertanggungjawab terhadap penanganan barang sitaan dan mengelola barang bukti agar nilai ekonomis tidak menurun,” katanya.

Barang rampasan negara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap dengan nilai di bawah 35 juta rupiah bisa langsung di lelang sehingga dapat lebih mempermudah masyarakat yang ingin mengikuti lelang.

“Jika nilainya di atas 35 juta harus melalui KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang),” tambah Yulianto.

Barang yang akan dilelang terlebih dahulu akan melalui disperindag maupun dishub untuk menentukan nilai barang tersebut.

Lebih lanjut Yulianto mempersilakan kepada warga masyarakat yang ingin mengikuti lelang untuk datang langsung ke kantor kejaksaan setempat.

“Lelang terbuka untuk umum. Ketika ada pelelangan biasanya kami publikasi melalui online seperti lewat sosial media. Setelah lelang berakhir nanti akan dibuatkan risalah lelang, kwitansi dan berita acara,” tutupnya. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00