Kwarcab Banyumas Gelar Lomba Kwarran Tergiat

KBRN, Purwokerto : Meski tertunda akibat pandemi Covid 19, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Banyumas akhirnya menggelar lomba Kwartir Ranting (Kwarran) tergiat tahun 2020. Tim Kwarcab Banyumas yang diprakarsai Puslitbang Kwarcab secara estafet melakukan kunjungan, menilai dan mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan oleh 27 Kwarran mulai 13 Oktober hingga 11 Nopember 2020 mendatang.

Ketua Bidang Humas Kwarcab Agus Nur Hadie, S.Sos, M.Si mengatakan tim penilai melakukan penilaian mulai tanggal 13 Oktober sampai dengan 11 Nopember mendatang. Menurutnya tujuan lomba adalah sebagai evaluasi kegiatan dan pelaporan dari masing-masing Kwartir Ranting sepanjang tahun 2019.

“Tim yang berkunjung tidak hanya menilai tetapi juga evaluasi dan pembinaan. Karena prinsip dasar lomba tidak untuk menang menangan, tetapi agar Kwarran yang kurang bagus akan terus terpacu untuk maju, dan Kwarran yang sudah bagus terus dapat berkreasi,” jelas Agus.

Saat berkunjung di Kwarran Baturraden yang berlokasi di Komplek Kantor Kecamatan Baturraden, Rabu (28/10/2020) Ketua Tim Penilai Eni Nurkhasanah, S.Pd mengatakan bahwa penilaian kwarran tergiat biasanya dilaksanakan bulan Juli karena penghargaan kwarran tergiat akan diserahkan pada upacara peringatan Hari Pramuka tingkat Kwarcab. Namun karena masih pandemi penilaian baru bisa dilakukan mulai bulan Oktober ini.

Selain mundurnya waktu penilaian, juga ada perbedaan penilaian tahun ini. Menurutnya sebelum pandemi, setiap kunjungan penilai oleh Tim Kwarcab biasanya Kwarran mengeluarkan seluruh potensi Pramuka yang ada di wilayahnya. Mengingat masih pandemi, penilaian dilakukan secara terbatas dan wajib mematuhi protokol kesehatan.

"Sesuai kesepakatan dalam penilaian semua harus melaksanakan dengan protokol kesehatan, misal cuci tangan sebelum dan sesudah masuk ruang, tes suhu tubuh, jaga jarak dan wajib menggunakan masker. Maksimal tim dan penerima sebanyak 30 orang," jelas Eni.

Namun demikian tidak mengurangi aspek penilaian, kecuali aspek penerimaan dan potensi Pramuka Kwarran yang memang ditiadakan. Menurut Eni, penilaian meliputi 8 bidang meliputi bidang Organisasi dan Hukum, bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa), bidang Keuangan dan Sarpras, bidang Humas dan bidang Abdimas.

"Selain 6 bidang tersebut juga ada penilaian untuk Dewan Kehormatan dan Dewan Kerja Ranting (DKR)" jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00