Gugur Gunung Kejar Perampungan Jalan TMMD Petahunan

KBRN, Banyumas: Puluhan warga Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dan TNI anggota Koramil 15/Pekuncen, terus lakukan gugur gunung di pelaksanaan Pra TMMD Reguler ke-108 Kodim 0701/ Banyumas yang sudah berjalan selama 11 hari itu.

Danramil Danramil 15/Pekuncen Kodim Banyumas, Kapten Inf. Subandi sepakat dengan istilah gugur gunung untuk memaknai semangat gotong royong puluhan warga Desa Petahunan bersama anggota Koramil, saling bahu-membahu mengejar target perampungan jalan di desanya yang menjadi sasaran fisik utama di TMMD Reguler Kodim Banyumas itu.

''Pembangunan jalan di Petahunan yang dilakukan melalui gelaran TMMD itu benar-benar gawe besar, membutuhkan semangat dan loyalitas tinggi untuk menyelesaikannya. Karena selain panjang jalan yang harus diselesaikan hampir mencapai 2 KM, dengan medan yang cukup ekstrim,'' papar Kapten Inf. Subandi.

Tidak berlebihan jika Danramil Subandi lebih memaknai semangat gotong royong  warga bersama TNI dalam membangun jalan TMMD di Desa Petahunan itu dengan istilah gugur gunung. 

Karena apa yang dilakukan warga di Petahunan itu memang merupakan bagian dari gugur gunung. Dimana istilah itu merupakan warisan nenek moyang sebagai representasi kerja bhakti atau aktivitas gotong-royong bagi warga di perkampungan. Dimungkinkan istilah gugur gunung tersebut hanya ada di sekitaran Jawa Tengah, DIY, dan sebagian Jawa Timur. (Ags)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00