Inilah Babinsa Banyumas Yang Sedang Tenar di Media Sosial

KBRN, Banyumas:  Inilah sosok Serka Eko Budi Wiyono, salah satu anggota Koramil 15 Pekuncen, Kodim 0701 Banyumas, yang menjadi Babinsa Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Foto Eko mendadak banyak beredar di medsos karena adanya pembangunan infrastruktur umum masyarakat di desa tersebut melalui TMMD Reguler 108 Banyumas.

Tak hanya menjadi motor, dirinya juga menjadi salah satu motivator masyarakat Petahunan di pengecoran jalan sepanjang 1,8 kilometer lebar 3,75 meter, pembangunan 1 unit jembatan 6 x 2,3 meter, dan pembuatan 3 unit gorong-gorong di 3 titik jalan TMMD tersebut.

Tampak dirinya berswafoto bersama ibu-ibu Petahunan, di tanjakan jalan batu setapak di Obyek Wisata Curug Nangga, air terjun tingkat tujuh yang menjadi andalan Petahunan. Kamis (25/6/2020).

“Inilah salah satu cara paling simple untuk menggalang kedekatan dengan masyarakat, karena biasanya mereka senang berfoto bersama TNI,” ungkap Babinsa yang asli warga Desa Lesmana, Kecamatan Ajibarang ini. Dikemukakannya juga, peran motivator sangat menentukan hasil akhir dari suatu kegiatan apapun, terlebih dalam kegiatan itu dalam situasi dan kondisi yang sulit.

Untuk contohnya adalah di lokasi pekerjaan fisik TMMD Petahunan. Ia terus memompa semangat masyarakat yang mayoritas sebagai petani, untuk terus bekerja membangun Jalan Usaha Tani (JUT) dan akses utama kendaraan bermotor menuju obyek wisata tersebut.

“Tuntutan tugas sebagai abdi masyarakat membuat kita harus menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri,” tambah Babinsa yang tinggal dua tahun lagi pensiun, yakni pada 1 Oktober 2022, dan akan menjadi masyarakat kembali.

Menurutnya juga, berada di tengah-tengah warga dalam situasi apapun, memberinya kepuasan tersendiri, terlebih ini merupakan TMMD Reguler terakhirnya dan kebetulan dilaksanakan di desa binaannya. 

“Target fisik TMMD sudah jelas, yaitu menyelesaikan seluruh sasaran fisik sebelum penutupan TMMD akhir Juli mendatang (29/7). Untuk itulah semangat masyarakat harus terus dijaga,” tandasnya. (Aan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00