Lapas Kelas II A Purwokerto Jalin Kerjasama Dengan RRI Purwokerto

KBRN, Purwokerto : Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Purwokerto menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Purwokerto, Senin (29/3/2021).

Kepala Lapas Kelas II A Purwokerto Sugito menjelaskan kerjasama tersebut bertujuan agar sosialisasi dan kegiatan pembinaan yang dilaksanakan Lapas dapat diketahui oleh masyarakat luas.

“Menjembatani sosialisasi kita kepada masyarakat luas. Hal ini seiring dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi. Masyarakat senantiasa bisa memantau dan mengawasi tugas-tugas kita semua,” katanya.

Dia menilai dengan adanya MoU tersebut masyarakat dapat mengetahui kegiatan pembinaan positif yang diberikan Lapas Kelas II A Purwokerto kepada warga binaan.

“Sehingga berita-berita miring, sorotan-sorotan dari masyarakat, maupun stigma masyarakat terhadap institusi pemasyarakatan pada umumnya sedikit demi sedikit dapat kita kikis,” harapnya.

Kepala LPP RRI Purwokerto Dwi Korianingsih menyambut baik adanya MoU tersebut. Menurutnya saat ini RRI Purwokerto sudah menjadi saudara bagi Lapas Kelas II A Purwokerto.

Dalam kesempatan tersebut dia memaparkan kesiapan RRI guna menjaga eksistensinya di era digital.

“Perkembangan zaman khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat RRI terus melakukan inovasi. Saat ini di era digital, media dituntut kreatif untuk tidak ditinggalkan oleh pendengar kita. RRI kini bisa dinikmati melalui aplikasi RRI Play GO, melalui RRI Net. Jadi RRI tidak hanya melalui audio tapi juga melalui video,” jelasnya.

Dwi Korianingsih juga menyampaikan RRI tengah mengembangkan mesin pencari berbasis Artificial Inteligence (AI) bernama RRI SPRINT yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mencari segala informasi yang disiarkan di RRI seluruh Indonesia.

“RRI telah siap di semua platform, karena perubahan teknologi begitu cepat. Maka RRI harus bergerak, bersiap dengan segala perubahan yang kini terjadi dalam industri media maupun lingkup industri informasi,” imbuhnya.

Usai penandatanganan MoU dilanjutkan dengan kegiatan bimbingan teknis mengenai jurnalistik dari RRI kapada sejumlah pegawai di bagian Humas Lapas Kelas II A Purwokerto. Bimbingan tersebut dilaksanakan dengan harapan humas lapas dapat lebih memahami dunia jurnalistik sekaligus bisa lebih aktif menyampaikan informasi terkait segala kegiatan yang dilaksanakan Lapas Kelas II A Purwokerto. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00