Inovatif, Ikut Partisipasi Bulan Dana PMI Kebumen Kini Bisa Pakai Aplikasi

Sosialisasi Bulan Dana PMI Kebumen sistem non-tunai. (RRI)

KBRN, Kebumen: Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen luncurkan aplikasi Bulan Dana tahun 2022 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kebumen. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, bagi ASN, pembayaran bulan dana tahun ini menggunakan sistem non tunai berbasis aplikasi. Aplikasi ini akan efektif digunakan sejak November hingga Desember mendatang.

Usai dilaksanakannya sosialisasi penggunaan aplikasi pada Jumat 28 Oktober 2022 pekan lalu, Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto berharap seluruh OPD Kebumen untuk turut berpartisipasi dalam aplikasi bulan dana.

“Saya harap panjenengan-panjenengan semuanya di semua instansi kedinasan dapat mensukseskan bulan dana PMI tahun ini menggunakan aplikasi, membayar pun menggunakan non tunai. Karena seperti yang kita tahu bahwa bulan dana ini memang sifatnya sumbangan sukarela yang Insya Allah akan kita kembalikan dalam bentuk aksi-aksi kemanusiaan”. Ujar Sabar Irianto

Lebih lanjut ia menjelaskan PMI Kebumen menjadi PMI pertama di tingkat nasional yang menyelenggarakan bulan dananya secara digital. Pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Bank Jateng Cabang Kebumen.

“Kami di PMI Kabupaten Kebumen jadi satu-satunya, perdana di Indonesia yang menyelenggarakan bulan dana PMI memakai aplikasi. Ini inovasi yang luar biasa karena, mau tidak mau, kita dituntut oleh perkembangan zaman. Tentunya kami sampaikan terimakasih atas dukungan dari beberapa pihak yang terkait, Diskominfo, BKPSDM dan Bank Jateng Cabang Kebumen,” tambahnya.                                  

Adapun alur pembayaran menggunakan aplikasi Bulan Dana PMI; setiap OPD di diberikan username dan password untuk dapat mendapatkan ID Billing, ID Billing  digunakan untuk membayar sumbangan bulan dana. Usai melakukan transaksi para ASN secara otomatis akan mendapatkan kupon digital.  

Pembayaran bulan dana PMI dibayar melalui Bank Jateng melalui ATM, Teller Bank, M-Banking, Internet Banking sekalipun transfer antar bank. 

“Hal tersebut untuk memudahkan transaksi pembayaran,” pungkas Sabar Irianto. (FM)