Sumbang Scout Festifal, Wujudkan Penggalang 3T

KBRN, Banyumas: Kwartir Ranting Sumbang Kwarcab Banyumas menggelar Sumbang Scout Festifal (SSF) bagi Penggalang SMP/MTs Jum’at 5 Nopember 2022 di halaman kantor kecamatan Sumbang dan lapangan Desa Sumbang. 

Kegiatan diikuti oleh pangkalan SMP/Mts se-kecamatan Sumbang.

Ketua Kwarran Sumbang Tarkam mengatakan kegiatan SSF penggalang bertujuan mengajarkan peserta didik penggalang dari SMP/MTs menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh, tanggap dan trengginas (3T).

“Tangguh berarti mempunyai ketahan baik mental maupun fisik dalam menghadapi perkembangan zaman, kemudian tanggap berarti Pramuka selalu merespon perkembangan apapun bentuknya yang ada di lingkungan sekitar, agar tidak ketinggalan zaman, orang yang tidak ketinggalan zaman harus mempunyai sikap trengginas yang trampil dalam menghadapi tantangan tersebut," jelasnya.

Tarkam menambahkan peserta dibagi menjadi dua kegitan lomba yaitu lomba PBB bertongkat dengan peserta 16 anak dan lomba pionering tema fauna peserta 6 anak," tambah Tarkam Ketua Kwarran.

Harapannya Pramuka pengalang dari SMP/MTs menjadi penggalang yang tangguh, tanggap dan trengginas sesuai motto gerakan pramuka ikhlas bhakti bina bangsa berbudi bawa laksana satyaku ku dharmakan, dharmaku ku bhaktikan, selamat berlomba.

Sementara itu, ketua pelaksana panitia Tofik Hidayat mengatakan, lomba dilaksanakan untuk menumbuhkan sifat patriotisme para siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

"Karena kami ingin membentuk pelajar yang mandiri, bergotong royong, kreatif, dan pemuda yang tangguh, tanggap dan trengginas," ucapnya. 

Tofik Hidayat menjelaskan, jika ada dua lomba yang diikuti oleh pramuka penggalang. Yaitu PBB bertongkat, yaitu lomba baris-berbaris dengan tongkat yang diaba-aba oleh pimpinan regu. 

Lomba kedua pionering, yaitu lomba kreativitas dengan tongkat bertema binatang/fauna. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa membentuk siswa atau pelajar yang memiliki profil pelajar Pancasila dan bersifat pramuka.

"Karena dari Dasa Dharma itu kan ada 10 sifat pramuka dan kita saling membangun hubungan relasi yang baik dari seluruh sekolah di Sumbang," bebernya.(spj)