Tentara Tertarik Pemanfaatan Tanaman Secang di Desa Sasaran TMMD

KBRN, Banyumas: Sejumlah anggota Satgas TMMD Reguler ke-108 Kodim 0701/ Banyumas, tertarik dengan adanya pembuatan minuman kayu secang di desa sasaran TMMD, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Serda Hamdun, salah satu anggota Satgas TMMD, disela-sela kerja di lokasi TMMD, menyempatkan diri untuk melongok adanya warga Desa Petahunan yang mengolah kayu secang untuk obat.  ''Sayang sifatnya masih rumahan, padahal di Petahunan banyak tersedia kayu secang,'' ungkap Serda Hamdun.  8/7/2020

Diketahui, menurut penelitian medis, mengkonsumsi minuman kayu secang diyakini berkhasiat bagi kesehatan. Beberapa manfaat kayu secang diantaranya, kandungan etanol dalam kayu secang mampu menghambat pertumbuhan berbagai bakteri. Ini berarti kayu secang berpotensi untuk mengatasi penyakit akibat infeksi. 

Konon, mencuci muka dengan air rebusan kayu secang bisa membantu untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan, kayu secang diduga muncul berkat kandungan brazilein.

Brazilein adalah pigmen merah dalam ekstrak kayu secang. Dalam penelitian tertentu, kandungan ini dianggap mampu melawan propionibacterium yang menyebabkan jerawat. 

Termasuk, ekstrak kayu secang mengandung kadar fenol, flavonoid, dan terpenoid yang tinggi. Ketiga senyawa ini adalah anti oksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas di tubuh. (Ags)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00