Sebanyak 56 Regu Ramaikan LT II Kwarran Purwojati

KBRN, Banyumas: Sebanyak 56 regu mengikuti Lomba Tingkat II (LT II) Kwartir Ranting (Kwarran) Purwojati. Kegiatan dibuka oleh Camat Purwojati Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Dian Budiarto, S.STP, Jumat (12/8/2022) di Lapangan Desa Kalitapen.

 Turut hadir pada pembukaan LT II jajaran Mabiran Purwojati, Mabisa se Kecamatan Purwojati, Mabigus, Dewan Kehormatan dan Andalan Kwarran.

Ketua Kwarran Purwojati Sodiqun Wahab, S.Pd. SD  mengatakan kegiatan diikuti sebanyak 56 regu yang terdiri dari 28 regu putra dan 28 regu putri yang berasal dari 5 pangkalan SMP/MTS dan 23 pangkalan SD/MI dengan jumlah peserta 448 Pramuka Penggalang.

"Kegiatan LT II dikemas dalam bentuk perkemahan yang berlangsung hari ini Jumat 12 Agustus hingga Minggu 14 Agustus 2022 di Lapangan Desa Kalitapen yang dilanjutkan dengan Upacara Hari Pramuka," kata Sodiqun.

Ketua Kwarran ini menambahkan bahwa maksud tujuan dari kegiatan adalah memperingati Hari Pramuka ke 61 serta mengembangkan persaudaraan, persahabatan, meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan sebagai upaya peningkatan kualitas dan prestasi latihan Pramuka. 

Para peserta mengikuti berbagai kegiatan antara lain upacara pembukaan, PBB Tongkat, langkah pramuka dan yelyel, Pionering, Dinamika kelompok dan Pentas seni. Kemudian ada kegiatan penjelajahan, PUPK, Kim penglihatan, api unggun dan ulang janji .

"Kegiatan akan diakhiri dengan Bakti lingkungan dan sarana ibadah serta upacara hari pramuka ke-61" tambah Sodiqun

Meski kegiatan LT II diwarnai dengan hujan deras di hari pertama perkemahan, setelah sebelumnya cuaca cerah pada saat pengepakan, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan antusiasme para peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan.

"Meskipun terdapat berbagai kendala yang mewarnai jalannya kegiatan seperti PBB tongkat yang sejatinya di laksanakan di lapangan SD Negeri 1 Kalitapen namun karena hujan mengguyur tanah Purwojati sehingga tempat pelaksanaan dialihkan ke ruang kelas 4. Ternyata cuaca tidak menyurutkan kreatifitas dan semangat seluruh panitia dan peserta bahu membahu mensukseskan kegiatan yang telah dinanti-nanti selepas hiatus karena pandemi," pungkasnya. (spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar