RAPI Sokabageran Pilih Muhyati, Sebagai Ketua Umum

KBRN, Banyumas : Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lokal 06 Kecamatan Sokaraja, Kalibagor, Banyumas, Somagede dan Kembaran( Sokabageran) Kabupaten Banyumas Minggu 22 Mei 2022 memilih ketua baru. 

Kepengurusan untuk Sokabageran secara aklamasi memilih Muhyati JZ11AUE sebagai Ketua terpilih periode 2022 – 2025.

Ketua RAPI Wilayah 08 Banyumas  JZ11DTP Suherman  yang hadir dalam acara pemilihan ketua, serta mengukuhkan kepengurusan menyampaikan dukungan penuh kepada jajaran pengurus baru.

 “Setelah kepengurusan lama vakum lama, kami menyambut baik segala inisiatif yang telah dilakukan rekan rekan di Lokal Sokabageran. Sehingga proses reorganisasi ini berjalan dengan baik," kata Suherman.

Suherman menambahkan bahwa menggunakan alat komunikasi radio bukan sekedar hoby, tetapi juga dapat memanfaatkan segala kelebihan sinyal radio. Bila dibandingkan dengan sinyal telepon, yang masih terdapat blank spot di beberapa wilayah.  

Sementara itu Muhyati JZAUE, sebagai ketua terpilih menyampaikan bahwa dirinya perlu untuk membawa peran RAPI di lokal Sokabageran lebih maju kedepannya. 

 “Kami sudah menetapkan beberapa rencana kerja yang akan kami sinergikan dengan pemerintah seperti salah satunya adalah bantuan komunikasi dalam situasi bencana di wilayah Kabupaten Banyumas," kata Muhyati.  Saat ini anggota lokal Sokabageran yang mencapai 35 orang, yang memiliki callsign RAPI dan jumlah ini akan terus bertambah.

Hal tersebut disampaikan Rudi Arianto JZ11HAW selaku Sekretaris terpilih.  Lanjutnya, penggunaan radio amatir di atur oleh Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 12 tahun 2017. 

 Dengan adanya organisasi RAPI diharapkan masyarakat bisa lebih tertib dalam penggunaan frekuensi radio amatir. 

 “Kami dengan senang hati akan membantu anggota masyarakat yang ingin mengurus IKRAP atau Ijin Komunikasi Radio Antar Penduduk," ungkap Rudi.

Acara pengukuhan juga di hadiri oleh perwakilan dari Kecaamatan Sokaraja, Kapolsek Sokaraja dan Danramil Sokaraja. 

 Selain itu juga dihadiri oleh anggota RAPI dari wilayah Kabupaten Banyumas dan Purbalingga.  Hal ini sesuai dengan slogan RAPI yaitu Santun di Udara, Akrab di Darat, Iman di Hati, NKRI Harga Mati, RAPI Harga Diri.( Ris).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar