Program Kerja DWP Harus Sinergis dalam Membantu Program Prioritas Pemda

KBRN, Purbalingga:- Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menyampaikan Dharma Wanita Persatuan (DWP) sejatinya tidak terpisahkan dengan Pemerintah, karena DWP  adalah organisasi yang menaungi istri-istri PNS. Oleh karenanya program kerja DWP harus sinergis dalam membantu program prioritas pemerintah daerah.

“Termasuk kita  kemarin baru launching program Mageh Padha Sekolah. Saya  minta program ini untuk dibantu disosialisasikan. Termasuk masalah kesehatan : stunting, mengurangi angka kematian ibu dan bayi ini harus masuk di dalam program DWP,” kata Bupati Tiwi saat membuka acara Latihan Kepemimpinan Wanita (LKW) dalam rangka HUT DWP ke 22 dan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga Ke 191, Selasa (7/12/2021 di Pendopo DIpokusumo.

Termasuk di bidang ekonomi, Ia berpesan agar ibu-ibu DWP bisa memberikan edukasi kepada ibu-ibu lainnya untuk kemandirian ekonomi perempuan bisa terbangun di Purbalingga. DWP juga harus sinergis dengan organisasi Wanita yang lain, seperti Gabungan Organisasi Wanita (GOW) maupun TP PKK, Aisyiyah, Muslimat, Fatayat dan lainnya, bukan untuk saling bersaing.

“Terlebih DWP adalah salah satu organisasi yang setiap tahunnya mendapat dana hibah dari pemerintah, oleh karenanya saya berharap anggaran dana hibah ini harus ada output yang dirasakan masyarakat, jari program-programnya jelas, terstruktur dan ada hasilnya dalam rangka mensejahterakan masyarakat Purbalingga,” katanya.

Bupati mengingatkan, keluarga PNS di tengah masyarakat harus jadi teladan. Dalam berbuat berperilaku dan bertutur harus dijaga dan hati-hati karena masyarakat dengan mudah menyoroti. Oleh karenanya keharmonisan keluarga PNS dengan masyarakat harus dibangun.

“Salah satu tugas PNS adalah pelayan masyarakat. Jadi sekarang sudah bukan jamannya lagi ASN menjadi priyayi, tapi tugas ASN adalah melayani masyarakat. Termasuk istri PNS juga harus bisa merangkul dan membaur masyarakat. Jangan sampai ada stigma keluarga ASN ini eksklusif tidak mau membaur,” katanya.

Ketua DWP Kabupaten Purbalingga Dyah Agus Winarno melaporkan DWP tengah menyelenggarakan Latihan kepemimpinan Wanita (LKW). Tujuannya yakni meningkatkan kapasitas kepemimpinan anggota DWP dalam pelaksanaan sehari-hari. LKW ini diikuti oleh 156 anggota DWP dari seluruh unsur.

“Narasumber LKW diantaranya Dra Jiah Palupi Twihantarti MM selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga dengan materi kepemimpinan wanita, dr Winwin Mukhtar SH MHum dosen FH Universitas Wijaya Kusuma dengan materi hubungan manusia, selain itu juga ada beauty class tutorial hijab,” ungkapnya.(Gn/

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar