Prasetya Rini Kembali Pimpin Kwarran Kembaran

KBRN, Banyumas: Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Banyumas Drs Achmad Supartono atas nama Gerakan Pramuka Kwartir Nasional, melantik dan mengukuhkan Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Kwartin Ranting Kecamatan Kembaran bakti 2021-2024, Jumat ( 3/12/2021) di Aula Kantor Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. 

Camat Kembaran Omar Udaya, S.STP, M.Si dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Ranting atau Mabiran dengan didampingi oleh anggota forum komunikasi pimpinan kecamatan, Kepala Puskesmas dan kepala instansi ditingkat kecamatan. Sementara Pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Kembaran bakti 2021-2024, diercayakan kembali, kepada Prasetya Rini, S.Pd, Kepala Sekolah SD Negeri Pliken 2 yang sebelumnya juga telah menjadi ketua Kwarran masa bakti sebelumnya.

Pelantikan ditandai dengan pengucapan janji kode kehormatan, Tri Satya oleh Mabiran dan Pengurus Kwrran yang dipandu oleh Ketua Kwarcab selaku Pembina Upacara. Rangkaian pelantikan dilanjutkan pembacaan ikrar yang disampaikan oleh Ketua Mabiran Omar Udaya, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah Ikrar dan penyematan tanda jabatan oleh Ketua Kwarcab.

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengucapkan selamat atas dilantiknya Mabiran dan Pengurus Kwarran Kembaran Masa Bakti 2021-2024 dan meminta gerakan pramuka harus bersinergi kepada seluruh lapisan masyarakat. Ia juga berterima kasih kepada pengurus sebelumnya yang telah bekerja keras turut mendukung Kwarcab Banyumas meraih prestasi tergiat sampai 33 kali berturut-turut.

"Mengingat Pramuka adalah pendidikan karakter, dimana saat ini pramuka hanya berada disekolah, saya berharap akan lahirnya Gugus Depan ditingkat masayarakat dengan istilah Gugus Depan Teritorial. Meski aturan sudah ada, namun pelaksanaan belum ada yang membentuk, maka saya berharap Kwarran Kembaran dapat menjadi pioner pembentukan Gudep Teritorial," katanya.

Sementara Ketua Kwarran Prasetya Rini mengatakan bahwa pembinaan Pramuka yang baik diawali dengan pendidikan dan pelatihan Pramuka di Gugus Depan, maka ia memprogramkan semua gugus depan menjadi gugus depan mantap. Hal tersebut sudah terbukti 4 Gugus Depan di Kwarran Kembaran masuk final lomba Gugus Depan Mantap Tingkat Kwarcab Banyumas.

"Selain itu kami akan mewujudkan gugus depan tertorial sebagaimana diharapkan oleh Ketua Kwarcab," katanya. (Spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar