Taman SDN Pegadingan 07, Wujud Profil Pelajar Pancasila

KBRN, Cilacap : SDN 07 Pegadingan Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap, guru dan siswa melakukan gotongroyong. 

Sudah berpekan-pekan di sekolah yang beralamat di Jalan Ampera Nomor 1 Pegadingan Kecamatan Cipari ini, para siswanya bergotong royong di lingkungan sekolah untuk mewujudkan mimpi memiliki taman sekolah. 

Mereka bergotong royong membawa batu dengan cara "semut ulur atau ulung-ulungan" dari sungai Cibatu Pegadingan untuk membangun taman sekolah. Taman itu mereka namakan Taman Siswa. 

Sebuah ruang terbuka untuk belajar sekaligus arena permainan dan juga kebun. Sebuah wujud nyata ruang untuk konsep Merdeka Belajar. Adalah peserta program Calon Guru Penggerak Triyanto penggagas taman itu. 

Ia ingin mengoptimalkan aset yang dimiliki sekolah untuk mewujudkan mimpi memiliki taman sekolah. 

Triyanto Senin (21/6/2021) mengungkapkan, awalmya dirinya resah melihat sudut sekolah terlihat kumuh dan tidak dimanfaatkan. 

"Setelah ikut program Guru Penggerak, saya diajari untuk memetakan dan mengoptimalkan aset yang dimiliki sekolah. Saya komunikasi dengan kepala sekolah, komite, pengawas dan orang tua siswa," jelas Triyanto. 

Taman yang dibangun, tambah Triyanto, hampir seluruhnya memakai barang seadanya yang ada di sekitar sekolah. Selain batu yang berasal dari sungai dekat sekolah, seng, kayu, keramik dan bahan bangunan lain hampir seluruhnya memakai bahan yang sudah tidak terpakai. 

Kepala SDN Pegadingan 07 Soimah mendukung penuh apa yang digagas gurunya. Ia melihat keberadaan taman di sekolahnya akan mampu menjadi daya tarik bagi para siswa. 

"Saya pikir ini bisa menjadi bukti bahwa membangun sekolah tidak harus berbiaya mahal. Dengan gotong royong, pembangunan akan menjadi lebih mudah." ujar Soimah. ( HP).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00