Nguri-uri Budaya Jawa, SDN 9 Sidanegara Hadiahkan Wayang untuk Dikenang

KBRN, Cilacap : SDN 9 Sidanegara Kabupaten Cilacap memiliki komitmen tinggi terhadap pelestarian budaya Jawa. Hal itu terlihat jelas dari prosesi wisuda siswa yang digelar Sabtu (19/6/2021) dimana budaya Jawa sangat kentara. 

Para peserta baik panitia maupun peserta mengenakan pakaian adat Jawa dengan menerapkan protokol kesehatan. Iringan musik gamelan menggema sepanjang prosesi dimainkan oleh siswa kelas 5, mengiringi pamitan kakak kelasnya. 

Juga disajikan tarian serta seni beladiri dari siswa-siswi berprestasi. Paling istimewa, adalah kenang-kenangan untuk para lulusan terbaik. Mereka diberi hadiah wayang dengan aneka karakter. Koordinator acara Sangadah Setyowati mengungkapkan, lulusan terbaik dihadiahi wayang tokoh Arjuna, Rama, Srikandi, Shinta, Ratih dan Sembadra. 

"Maknanya wayang-wayang tadi memberikan gambaran kehidupan manusia dengan segala sifat baiknya. Selain itu juga menyimpan makna estetika dan memberi tafsir kehidupan masyarakat Jawa" jelas Calon Guru Penggerak ini. 

Kepala SDN 9 Sidanegara Suswandi menambahkan, harapannya para siswa yang lulus dapat meneladani tokoh wayang yang dihadiahkan. 

"Wayang merupakan warisan budaya nenek moyang yang mengandung pesan-pesan moral yang sangat baik bagi kehidupan. Para lulusan SDN 9 Sidanegara saya harap dapat meneladani hal itu" harap Suswandi. 

Salah satu lulusan terbaik Marfuatunnisa mengatakan hadiah wayang ini tidak sekadar hadiah biasa baginya. Tapi menjadi hadiah berisi pesan yang mendalam dari para gurunya. 

"Saya akan berupaya untuk memegang pesan-pesan Bapak Ibu guru dan juga berusaha menjaga karakter sebagaimana yang diharapkan. Hadiah wayang ini sangat bermakna untuk kami" ujarnya.( HP).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00