Putra Sinatria, Mewakili Jateng Di Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional

KBRN, Banyumas: Catur Putra Sinatria, dalang kecil wakil dari Kabupaten Banyumas behak mewakili Jawa Tengah pada festival dalang tingkat nasional 7 November mendatang.

Catur maju ke tingkat nasional setelah berhasil meraih Juara  satu Festival Dalang Bocah Tahun 2020 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah hasil kerjasama dengan Pepadi Provinsi Jawa Tengah pada Rabu s.d Kamis (28-29/10/2020) di Gedung Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Festival Dalang Bocah Tahun 2020 dilaksanakan dalam rangka Hari Wayang Nasional dan diikuti oleh wakil dari masing-masing Korwil Pepadi yang terdiri dari Banyumas, Pekalongan, Kedu, Solo, Semarang dan Pati. 

"Alkhamdulillah Catur Putra Sinatria, anak saya mewakili Banyumas berhasil meraih Juara I dengan nilai 1.566 dan mengungguli peserta lainnya" ungkap orang tua Catur/ibu,  Rakis Emilia Jumat, (30/10/2020).

Catur yang mengidolakan Ki Mantep Sudarsono, mulai latihan dalang bersama bapaknya, sejak usia 7 tahun, kelas 1 SD.

"Bapaknya Kadus di desanya, tapi juga sering jadi MC. Suamiku juga senang wayang sejak kecil" kata Emilia.

Selain dilatih sama bapak, lanjut Emilia, Catur juga dilatih oleh dalang senior dan sering nonton wayang di YouTube.

Dewan Juri Festival Dalang Bocah yang terdiri dari Dr. Widodo BS, S.Sn, M.Sn selaku ketua merangkap anggota, Ki Joko Santosa dan Ki Ngabehi Edy Sulistiono, S.Sn, M.Hum selaku anggota memutuskan Wakil Kabuaten Banyumas menjadi Juara I diikuti wakil dari Solo Raya sebagai Juara II dan wakil dari Kedu sebagai Juara III. 

Dengan demikian Catur Putra Sinatria berhak maju ke tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 November oleh Pepadi Pusat. 

Korwil Pepadi Banyumas mengirimkan Catur Putra Sinatria yang duduk di kelas V SDN 3 Danasri Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas berdasarkan hasil Festival Dalang Cilik dan Dalang Muda yang diselenggarkaan di Gedung Kesenian Soetedja pada 24 Oktober 2020 yang lalu yang diikuti oleh 3 dalang bocah dan 4 dalang muda. 

Dalang bocah adalah anak berusia dibawah 13 tahun sedangkan dalang muda berusia 13 s.d 19 tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00