Pesta Rakyat HUT Banyumas ke-449, Disediakan 4.449 Hidangan Gratis

KBRN, Purwokerto : Puncak rangkaian peringatan hari jadi Banyumas ke-449 dilaksanakan dengan menggelar pesta rakyat, Jumat (28/2/2020) malam. Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Suwondo Geni mengatakan, pada malam puncak ini digelar berbagai macam kegiatan.

Pra acara dibuka dengan penyuluhan dari Bank Indonesia (BI) bertema “Kenali Uang Rupiah”. Kegiatan dilanjutkan dengan pentas musik dari seniman yang membawakan lagu ciptaanya sendiri berjudul “Dirgahayu Banyumasku”. Memasuki acara inti ditandai dengan digelarnya ketoprak tiktok.

Menurut Suwondo, ketoprak tiktok merupakan seni ketoprak yang dipadukan dengan iringan musik pada aplikasi tiktok. Ketoprak tiktok diperankan langsung oleh Forkompimda Kabupaten Banyumas diataranya Bupati, Wakil Bupati, Kapolresta, Dandim, dan lain-lain.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan acara seremonial dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Cipto Kuntadi dari Solo. Kembang Krido menjadi lakon yang dibawakan dalam pagelaran wayang kulit tersebut.

“Saat acara, tamu undangan dan masyarakat dipersilakan untuk mengambil hidangan berupa wedang ronde, bakso, soto, kupat tahu, mendoan, dan sebagainya secara gratis. Sebanyak 4449 porsi hidangan telah kami siapkan,” ujarnya.

Suwondo menambahkan, dengan usia Banyumas yang sudah semakin tua tentunya harus diikuti dengan semangat untuk mendukung Banyumas agar lebih maju lagi. Masyarakat diharapkan selalu menjaga persatuan, kesatuan , dan meningkatkan jiwa gotongroyong.

“Mari kita jadikan Banyumas sebagai tempat yang semedulur, mbetaih dan ngangeni,” pungkasnya. (Yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00