Budhi Sarwono dan Forkompimda Ziarah ke Makam Para Bupati

KBRN, Banjarnegara : Menjelang perayaan Hari Jadi ke-449 Kabupaten Banjarnegara, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, beserta Forkompimda dan tokoh masyarakat melakukan ziarah ke makam para Bupati Banjarnegara pendahulu. Ziarah dilakukan sejak Kamis pagi (20/02/2020).

Prosesei diawali dari makam nyekar ke Makam K.R.T Joyonegoro I, Kwondogiri Desa Blambangan serta kompleks makam Tumenggung Dipayuda dan Bupati Aria Soemitro Kolopaking di Purbayasa, Pucang Kecamatan Bawang. Ziarah dilanjutkan ke makam Tumenggung Mangunyuda atau yang lebih dikenal dengan julukan “Sedaloji” di Dukuh Sarean Desa Petambakan Kecamatan Madukara.

Dari sini rombongan menuju ke Makam Bupati Soedjirno di Pemakaman Gotong Royong Kelurahan Kutabanjarnegara dan KRT Dipodiningrat di kompleks belakang Masjid An Nur Kauman.

Bupati Budhi Sarwono dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan ziarah ke makam para leluhur, dan mantan bupati Banjarnegara ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para Bupati Banjarnegara terdahulu.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun, untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para Bupati Banjarnegara,” katanya.

Menurutnya, dengan berziarah kita sebagai generasi sekarang memberikan penghormatan kepada para tokoh yang pernah menjadi pemimpin Banjarnegara dan turut meletakkan pondasi Banjarnegara sehingga keadaanya menjadi maju seperti sekarang.

“Ritual ini sekaligus napak tilas untuk mengenang dan mendoakan arwah para bupati, Banjarnegara, yang tentu saja tidak lepas dari jasa-jasa dan perjuangan para pemimpin kita dari masa ke masa lalu,” kata bupati.

Nampak hadir bersama rombongan ziarah tersebut, antara lain : Dandim 0704 Letkol (Inf). Dominggos Lopez, Kapolres Iga Perbawa Nugraha, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama Banjarnegara, Kemenag dan OPD terkait, dengan pemimpin doa Sugeng Mulyadi, S. Ag.

Ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan ziarah sebelumnya, dimana makam yang dikunjungi adalah bupati yang dimakamkan di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Pada Hari Senin tanggal 18 Februari lalu juga dilakukan ziarah ke makam bupati Banjarnegara yang ada di luar kota, yakni Pemalang (Bupati Endro Suwaryo), Sleman (Bupati Suwaji), Purwokerto (Bupati Sudibyo), Solo (Bupati Winarna Surya Adi Subrata) dan Semarang (Bupati Nurachmad). ( Mj).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00