Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam di Purbalingga, Tangkal Paham Radikal

KBRN, Purbalingga : Ketua  DPD Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia   (AGPAII)  Kabupaten Purbalingga Priyanto menyatakan sejumlah sekolah di Purbalingga beberapa waktu lalu terpapar paham radikal. Hal ini terjadi akibat pemahamaan yang keliru oleh guru agama, sehingga menyebarkan paham radikal kepada siswa didiknya. 

Tercatat ada dua sekolah tingkat SMP dan SMK di Purbalingga, yang terpapar paham radikal. Sehingga pihaknya bersama dengan Kantor Kementrian Agama, Pemerintah Kabupaten dan pihak terkait melakukan upaya pelurusan kembali paham atau idiologi. 

Hasilnya salah satu, faktor terpaparnya guru mata pelajaran agama kepada ajaran radikal, yakni kurangnya pendapatan atau gaji dari guru tersebut. Sehingga mereka menelan mentah- mentah ajaran, kemudian  disampaikan kepada siswa didiknya.

Selain itu, faktor kedua kurangnya pemahaman terkait wawasan kebangsaan dan Idiologi bangsa. Sehingga dirinya mengusulkan kepada Kementrian Agama, untuk mengangkat guru yang masih wityabakti menjadi PNS. 

Jika tidak bisa dilakukan oleh Kementrian Agama, karena keterbatasan beberapa faktor. Maka Pemerintah Kabupaten Purbalingga, memberikan gaji yang layak kepada guru agama yang belum PNS ini. 

Priyanto di Purbalingga Kamis (16/1/2020) menjelaskan sebagai organisasi PAI, pihaknya juga terus melakukan komunikasi dan diskusi agar anggotanya tidak terpapar paham radikal dan paham yang bertentangan dengan nilai- nilai bangsa Indonesia.

" Di Purbalingga kita melaksanakan komunikasi intens kepada anggota, salah satunya adalah maslaah terpaparnya paham radikal karena pendapatan guru agama yang kurang. Terutama guru- guru non PNS, kita coba menawarkan kepada Bu Bupati, proses pendidikan profesinya dilaksanakan di Pemerintah Daerah. Sehingga guru wiyata bakti yang tidak diangkat oleh Kemenag, bisa diberi gaji yang layak oleh Pemerintah Kabupaten,"kata Priyanto.

Seperti yang dilakukan pada hari Kamis di Pendopo Bupati Purbalingga, dilaksanakan Seminar Nasional, dengan Tema : Menghadirkan PAI Berwawasan Kerukunan, Menuju Indonesia Maju. 

Saat ini anggota AGPAII di Purbalingga mencapai 800 orang, mulai dari tingkat TK- SMA Sederajat. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00