Kemah Bhakti PC GP Ansor, Sarana Memperkuat Soliditas Organisasi

KBRN, Purbalingga: Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menghadiri acara Kemah Bhakti 1 Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Purbalingga, Jum'at (24/6/2022) di Lapangan Desa Pagerandong, Kecamatan Mrebet. Selaku inspektur upacara, Bupati berharap agar kemah ini bisa menjadi sarana memperkuat soliditas keluarga besar GP Ansor.

"Kemah Bhakti ini menjadi wadah bagi Ansor-Banser untuk terus meningkatkan kekompakan, kebersamaan dan untuk meningkatkan soliditas.

Karena salah satu kunci keberhasilan organisasi agar terus sustain dan berumur panjang adalah kekompakan dan soliditas," kata Bupati.

Menurut Bupati, GP Ansor memiliki peran strategis, salah satunya sebagai garda terdepan dalam menjaga dan mempertahankan NKRI. Keberadaannya tidak hanya membangun sisi keagamaan para pemuda saja, akan tetapi juga membantu pemerintah dalam pembangunan ideologi.

"Kemah Bhakti diselenggarakan di bulan Juni ini sangat pas, karena pada bulan ini kita memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Melalui Pancasila kita mengingatkan kembali akan semangat persatuan dalam keberagaman, semangat anti penjajahan," katanya.

Para pemuda, termasuk GP Ansor diminta untuk sadar dan waspada terhadap oknum-oknum yang hendak memecah belah bangsa. Oleh karenanya dalam cinta beragama harus diimbangi dengan cinta tanah air agar tidak mudah dipecah belah.

"Ini menjadi tugas kita dan rekan-rekan sekalian agar NKRI dan Pancasila sebagai ideologi bangsa harus terus kita pertahankan," katanya.

Kemah ini berlangsung 2 hari,  Jum'at dan Sabtu (24-35/6/2022), diikuti 18 kontingen Ansor-Banser setiap kecamatan, masing-masing terdiri dari 18 orang.

Kegiatan selama 2 hari ini diantaranya diselenggarakan Rakercab, Cerdas Cermat Aswaja, Tarik Tambang, Sarasehan Wawasan Kebangsaan oleh Kapolres Purbalingga, Kasatkorwil Banser Jawa Tengah dan PP GP Ansor, serta Lomba Stand Up Comedy.

Hari kedua, diisi dengan Sholat Qiyamul Lail, Olahraga Pagi, Lomba PBB, Senam Lantas, Yel-yel, Cerdas Cermat Aswaja dan Musabaqoh Qiroatul Kutub.(Gn/spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar